Tanah di Berlan Retak, Sandiaga Bilang Sudah Diprediksi

Tanah retak di kawasan Berlan, Matraman, Jaktim
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat

VIVA – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengemukakan, tanah retak yang terjadi di kawasan Berlan, Matraman, Jakarta Timur sudah diprediksi sebelumnya dalam pertemuan antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika.

Jalan Ambles di Kawasan Olimo Jakarta Barat, Polisi sebut Tidak Ada Pengalihan Arus

"BMKG mengatakan bahwa salah satu kewaspadaan yang harus kita tingkatkan adalah di sekitar wilayah Jatinegara itu, atau wilayah yang dekat dengan Berlan ya, diprediksi ada patahan atau ada patahan yang selama ini tidak aktif," kata Sandiaga di Balairung Balai Kota DKI, Selasa, 13 Februari 2018.

Menurut Sandiaga, patahan yang ada di wilayah DKI tersebut merupakan sesar, yakni patahan yang berada di bagian dalam. Saat ini, BMKG juga tengah mengumpulkan data terkait kondisi pergerakan bumi di dataran DKI yang terjadi sejak tahun 1916. "Ini yang mereka cermati dan saya diberikan laporan untuk meningkatkan kewaspadaan di daerah sana," ujarnya.

Jalan Ambles Ciawi-Sukabumi Makin Lebar, Jalur Ditutup Total

Dengan adanya patahan di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur, akan memberikan dua dampak bagi masyarakat  di sekitar lokasi. Pertama, kemungkinan terjadi gempa. Kedua, memberi dampak terhadap konstruksi dan gedung yang berada di sekitar patahan tersebut. "Seperti kita lihat di Taipei, gempanya hanya 6,4 SR, dibandingkan dengan kemarin 6,1 SR tapi banyak sekali dampaknya karena itu berada di patahan tersebut, di gedung tersebut," ujarnya. 

Sandiaga akan memastikan lagi apakah retak yang terjadi di Matraman itu disebabkan oleh patahan tersebut atau tidak. Dia bakal berkoordinasi lebih detail dengan BMKG. "Saya tidak tahu. Saya mesti double check dengan BMKG karena ini baru dapat dari rekan media," ujarnya. (mus)

Longsor di Kabupaten Semarang Meluas Hingga 16 Hektare, Jalan Ambles 30 Meter
Kondisi saat jalan negara putus

Jalan Negara di Sepaku Ambles Dilintasi Truk Sawit, Jalur ke IKN Terputus

Akses jalan utama menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) putus total, pada Senin, 29 Januari 2024

img_title
VIVA.co.id
29 Januari 2024