Jalan Ambles Ciawi-Sukabumi Makin Lebar, Jalur Ditutup Total

Amblesnya jalan di Jalan Ciawi-Benda Sukabumi Pasae Cikereteg yang terjadi sejak November 2022 makin lebar hingga memakan setengah badan jalan hingga nyaris putus.
Sumber :
  • VIVA/Muhammad AR

VIVA Nasional – Amblesnya jalan di Jalan Ciawi-Benda Sukabumi Pasae Cikereteg yang terjadi sejak November 2022 makin lebar hingga memakan setengah badan jalan hingga nyaris putus. Kemacetan panjang sempat terjadi lantaran pengendara terpaksa bergantian dari arah Bogor menuju Sukabumi maupun sebaliknya.

Jasa Marga soal Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung Semarang: Sopir Lupa Rem Tangan

Namun saat ini jalan tersebut ditutup total dan arus kendaraan dialihkan ke jalan tol Bocimi. Bagi kendaraan roda empat atau lebih disarankan melalui jalan Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) yang bisa keluar dari exit tol Caringin, maupun exit tol Cigombong. Dan arah Sukabumi dapat keluar di exit Tol Ciawi.

Amblesnya jalan di Jalan Ciawi-Benda Sukabumi Pasae Cikereteg yang terjadi sejak

Photo :
  • VIVA/Muhammad AR
8.725 Pemudik Langgar Ganjil Genap Selama Mudik Lebaran 2024, Dikenai Sanksi Tilang

Sementara untuk lalu lintas kendaraan roda dua dialihkan menuju jalan perkampungan Citapen. Petugas kepolisian di lokasi melakukan pengalihan arus. Selain itu, di lokasi jalur alternatif motor yang melewati pesawahan terpantau padat.

Salah seorang pengendara roda dua, Rijal Satriani (38), mengatakan, saat ini jalan tersebut ditutup total dan arus lalu lintas dialihkan.

Tarif Tol di 3 Ruas Ini Dapat Diskon, Simak Lokasi dan Waktunya

Aparat TNI di lokasi, Danramil Ciawi Mayor Arm Sutrisno mengatakan, perbaikan jembatan akan dilakukan namun saat ini jalan ditutup untuk pemasangan jembatan penghubung darurat atau bailey sepanjang 40 meter. Pemasangan jembatan diperkirakan selama lima hari.

Pada awal Desember 2022, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 3 Metropolitan III Jakarta, PPK 5.3 Provinsi Jawa Barat, PJN Wilayah V Provinsi Jawa Barat Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional DKI Jakarta - Jawa Barat, Rendra Yudhi Agustian, menyampaikan bahwa jalan tersebut sudah ditinjau sejak pertengahan Oktober. Saat ini menunggu dari hasil perencanaan.

"Jalan tersebut kita sudah tinjau dari pertengahan oktober 2022. Saat ini sedang menunggu hasil data tanah serta desain penanganan dari tim perencana," katanya.

Ilustrasi pekerja menyelesaikan proyek penanganan longsor di Ciloto, Puncak, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Yudhi menyampaikan, lokasi ini pernah terjadi longsor pada tahun 2017. Namun untuk penanganan saat ini pihaknya masih menyelidiki penyebab awal. "Kita masih menunggu hasil penyelidikan awal dulu ya. Mohon doanya agar dapat diatasi sesegera mungkin," katanya.

Namun, hingga Februari, PJN Wilayah V Provinsi Jawa Barat Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional DKI Jakarta - Jawa Barat belum memberikan keterangan lebih lanjut terkait perbaikan ambles jalan nasional tersebut. Meski demikian, saat ini sedang dipasang jembatan sementara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya