Ahok Ungkap Alasan Mencintai Vero di Tengah Badai Selingkuh

Veronica Tan
Sumber :
  • Repro Instagram

VIVA – Sudah cukup banyak cerita di balik gugatan cerai yang dilayangkan Basuki Tjahaja Purnama, terungkap ke publik. Terutama tentang kisah perselingkuhan Veronica Tan dengan pria bernama Julianto Tio.

2 Alasan PDIP Jagokan Ahok Kembali Pimpin Jakarta 2024

Yang terbaru ialah, cerita tentang Ahok dan putra sulungnya, Nicholas Sean Purnama, yang melabrak Julianto di sebuah rumah sakit. Peristiwa itu menurut adik kandung Ahok, yakni Fifi Lety Indra, terjadi pada tahun 2016, saat Julianto sedang menemani istrinya melahirkan.

Ahok dan Sean mendatangi Julianto dengan tujuan meminta pria itu untuk tak lagi berhubungan asmara dengan Veronica Tan. Saat itu, kata Fifi, tak hanya Ahok yang berbicara pada Julianto, tapi juga Sean. Sean meminta penjelasan dari Julianto tentang hubungannya dengan ibunya yang berjalan sudah tujuh tahun.

Ayu Thalia Tunjukan Bukti Memar Kaki Diduga Dianiaya Nicholas Sean

Bukti dari pertemuan antara Ahok, Sean dan Julianto ini bahkan sudah diserahkan tim penasihat hukum Ahok ke majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara, yang mengadili gugatan cerai tersebut pada persidangan keempat dengan agenda mendengarkan keterangan tentang bukti dari alasan di balik gugatan perceraian yang diajukan Ahok, pada 21 Februari 2018.

Ada 12 alat bukti tentang adanya hubungan asmara terlarang alias perselingkuhan antara Veronica Tan dengan pria bernama Julianto Tio yang diserahkan penasihat hukum Ahok ke majelis hakim.

Jawaban Tegas Ahok Soal Stop Kartu Kredit Pertamina Limit Rp30 M

Dari ke-12 alat bukti itu, di antaranya ada berupa rekaman komunikasi antara Vero, Ahok dan Julianto, foto-foto Vero dan Julianto, serta sejumlah bukti berupa pesan singkat. Semua alat bukti diberikan ke majelis hakim dalam bentuk compact disc (CD).

Baca: Dua Saksi Kunci Ahok Buktikan Kisah Selingkuh Veronica

Jauh sebelum alat bukti itu diserahkan, Fifi sempat menceritakan tentang perselingkuhan Veronica dan Julianto yang sudah berlangsung sejak tujuh tahun lalu.

Tapi, selama itu, Ahok bertahan untuk tetap menjaga tali pernikahan dan mampu menutupi apa yang sedang terjadi dalam rumah tangganya sehingga cerita itu tak sampai muncul di masyarakat.

Bahkan, saat hubungan pernikahan mereka dalam kondisi diterpa badai perselingkuhan dan sudah mendekati masa di mana Ahok mengajukan gugatan, Ahok masih sempat mengutarakan alasannya jatuh cinta pada Veronica Tan.

Alasan itu diungkapkan Ahok melalui akun Instagram pribadinya pada 25 Maret 2017. Ketika Ahok masih menjabat Gubernur DKI Jakarta.

Seperti dikutip VIVA dari akun Instagram basukiBTP, Jumat, 23 Februari 2018, Ahok mengungkapkan alasannya sangat jatuh cinta pada Veronica, melalui unggahan sebuah foto. Yakni foto ketika Veronica sedang memainkan alat musik selo di dalam kabin Bus TransJakarta.

"Kepandaiannya memainkan alat musik jadi salah satu alasan saya jatuh cinta. Foto ini diambil ketika istri saya sedang di dalam bus TransJakarta untuk program NET TV," tulis Ahok.

Baca: Dua Tahun Disimpan Ahok, Ini Bukti Selingkuhan Veronica

Kasus gugatan perceraian yang diajukan Ahok, akan memasuki babak di mana kubu Ahok akan menghadirkan dua kerabat sebagai saksi perselingkuhan yang dilakukan Veronica.

Kedua saksi itu disebutkan pengacara Ahok, Josefina Agatha Syukur, berasal dari keluarga sendiri. Tapi identitasnya masih dirahasiakan dan dipastikan publik akan tahu saat kedua saksi itu hadir dalam persidangan kelima yang bakal digelar di PN Jakarta Utra, pada Rabu, 28 Februari 2019.

Josefina mengatakan, sebenarnya cukup banyak orang yang mau menjadi saksi perselingkuhan itu. Tapi, kuasa hukum memastikan hanya akan membawa dua orang ke persidangan. Mereka berasal dari kerabat atau keluarga Ahok dan Veronica.

"Tanggal 28 sidang lagi tambahan bukti surat kalau masih ada dan saksi. Saksi dari pihak penggugat. Namanya jangan lah. Nanti saja tanggal 28 kan kelihatan," ujar Josefina.

Sekali lagi Josefina menegaskan, selain diminta tim kuasa hukum untuk menjadi saksi, kedua orang itu juga menawarkan diri mereka untuk memberikan kesaksian tentang kisah cinta Veronica dan Julianto.

"Dari kerabat. Jarang sekali saksi menawarkan diri. Justru karena kita tahu dia tahu (perselingkuhan) makanya jadi saksi," katanya.

Baca: Kisah Selingkuhan Veronica di Balik Gugat Cerai Ahok

Veronica Tan.

Fifi pernah mengungkapkan, bahwa Veronica sudah berulangkali ketahuan berselingkuh dengan Julianto. Vero juga sudah mengakuinya dan berjanji tak melakukannya lagi. Tapi janji cuma tinggal janji, Veronica kata Fifi, buktinya masih terus menjalani hubungan gelap itu meski dengan alasan selalu diganggu oleh Julianto.

Bahkan, yang paling membuat Ahok kecewa dan akhirnya memutuskan untuk mengutus pengacara mengajukan gugatan cerai ialah, Veronica masih melakukan pertemuan dengan Julianto di saat Ahok sedang menjalani masa hukuman di ruang tahanan Markas Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

Veronica disebutkan bertemu dengan Julianto pada November 2017, di sebuah tempat di Singapura.

Akhirnya dari dalam bui, Ahok menutup hati dan memutuskan untuk menggugat cerai Vero. Dan merelakan Vero jatuh ke pelukan Yulianto.

"Jadi ya diambil keputusan ya lebih baik cerai. Kalau memang Yulianto menginginkan Bu Vero ya silakan," ujar Fifi.

Ahok dan Vero menikah pada 6 September 1997, dari hasil pernikahan ini, mereka dikaruniai tiga anak, yakni Nicholas Sean, Nathania Berniece, dan Daud Albeenner.

Baca: Cerita Veronica Dipaksa Selingkuhan dan Ahok Pilih Cerai

(ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya