Puncak Pas Ditutup Mau Long Weekend, Ini Jalur Alternatifnya

Akses ke Puncak Pas ditutup sementara karena longsor.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhammad AR

VIVA – Bencana longsor kembali terjadi di area Puncak Pas, Bogor, Jawa Barat, Rabu malam, 28 Maret 2018. Akses jalan untuk sementara tak bisa dilewati kendaraan roda empat. Polisi sudah menyiapkan jalur alternatifnya.

Tebing Longsor di Puncak Mas Bogor, Ini Pemicunya

Dari keterangan Kasat Lantas Cianjur AKP Rendy Setia mengatakan, pengemudi yang ingin menuju Puncak agar melewati jalur Sukabumi atau Jonggol. Kemudian, ada imbauan agar pengemudi dari Jakarta bisa melalui rute Cibubur-Jonggol-Cibadak-Cipanas.

"Untuk roda empat dialihkan ke jalur Sukabumi atau Jonggol," tutur AKP Rendy dalam keterangannya, Kamis, 29 Maret 2018.

Ada Longsor di Gunung Mas, Jalur Menuju Puncak Ditutup

Adapun Kasat Lantas Polres Bogor Kompol Hasby Ristama mengatakan lokasi longsor tepat berada di Puncak Pas, yakni titik perbatasan antara Kabupaten Bogor dan Cianjur. Ia mengimbau agar masyarakat bisa berjalan ke Puncak sampai gerbang Gunung Mas

“Dari titik itu sudah clear. Kami menyarankan agar masyarakat yang menuju Cianjur menggunakan Cibubur, Cilengsi, Jonggol, dan Cariu,” kata ujar Hasby kepada VIVA, Kamis, 29 Maret 2018.

Bupati Bogor Ungkap Luas Tambang yang Bikin Longsor Capai 200 Hektare

Jalur puncak dari Gadog ditutup sementara akibat longsor.

Sementara, laporan reporter tvOne, Maria Gerarda mengatakan dari informasi yang diperolehnya sebelum longsor tak terjadi hujan. Untuk area longsor ini merupakan wilayah yang sama dengan bencana pada Februari lalu.

Kemudian, longsor ini membuat tanah amblas dengan kedalaman 40 meter serta panjang lebih dari 100 meter. Area longsor juga sudah diberi tanda garis polisi. Pihak kepolisian akan kembali berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Kementerian PUPR mengingat akhir pekan ini ada liburan long weekend.

"Masih dikoordinasikan. Tak ada korban akibat longsor ini. Belum diketahui sampai kapan penutupan sementara ini. Penutupan dari Cilotoh sampai Gunung Mas," tutur Maria dalam laporannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya