150 Ton Sampah Dikeruk dari Kolong Tol Priok

Ilustrasi sampah Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Sampah yang berada di kolong Jalan Tol Tanjung Priok, Jakarta Utara, terus dibersihkan oleh Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta. Saat ini proses pembersihan sampah  sudah memasuki hari ketiga.

Disentil Jokowi soal ITF Sunter, Heru Budi Malah Pamer Pengolahan Sampah Anies di Bantargebang

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Isnawa Adji mengatakan, para petugas terus mengangkut sampah menggunakan gerobak dan alat-alat lainnya.

Adji mengatakan, sampah yang sudah diangkut pada hari ketiga ini telah mencapai 150 ton. Sampah ini menumpuk dengan begitu banyak dan diperkirakan terjadi karena ulah masyarakat yang tidak disiplin dan menjadikan kolong tol sebagai tempat pembuangan sampah.

Timbunan Sampah di Bantar Gebang Menggunung, Wagub DKI: Kita Punya PR

"Iya masih dibersihkan dan ini hari ketiga sudah ada sekitar 150 ton," kata Adji kepada wartawan, Jumat, 20 April 2018.

Pasar Tebet Jadi Lokasi Pertama Tempat Belanja Tak Pakai Plastik

Menurut Adji, para petugas yang terdiri dari unsur Polsek, Kodim dan Koramil terus mengangkut sampah-sampah tersebut. Diharapkan proses pengangkutan sampah selesai dalam waktu cepat agar kolong Tol Tanjung Priok bisa bebas dari sampah.

"Kalau untuk hari ini belum dihitung karena masih berlangsung proses pembersihannya," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, kolong jalan Tol Tanjung Priok dipenuhi banyak sampah. Sampah-sampah ini diperkirakan sudah ada sejak lama dan tak pernah dibersihkan. Sampah tersebut memenuhi kolong jalan Tol sekira lebih 600 meter dengan ketinggian sekitar 2 meter dan sebagian sudah menyatu dengan tanah.

Fasilitas  pengolahan sampah Refuse Derived Fuel (RDF) plant di Bantar Gebang

Teknologi Pengolahan Sampah RDF Dikritik, Riskan Diterapkan di Jakarta

Pemerhati lingkungan dan sampah mendesak pemerintah lebih serius menanggulangi masalah sampah khususnya di kota-kota besar di Indonesia, sudah sangat mendesak.

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2023