Server Kemendikbud Jeblok, UNBK SMP di Jakarta Juga Molor

Sejumlah pelajar mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Didik Suhartono

VIVA – Pelaksanaaan ujian nasional berbasis komputer atau UNBK untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Provinsi DKI Jakarta mengalami gangguan. Hal itu karena terjadi gangguan server di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). 

Siswa Terdampak Banjir Dapat Dispensasi Waktu Penyelenggaraan UN

"Jadi servernya yang jeblok itu bukan dari kami tapi dari Kementerian. Jadi seluruh Indonesia yang terdampak bukan hanya kami," ujar Sekretaris Dinas Pendidikan DKI Jakarta Susi Nurhati saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin, 23 April 2018. 

Menurut Susi, hampir semua sekolah di Jakarta mengalami gangguan masalah server selama 45 menit. Lantaran itu, waktu pelaksanaan ujian nasional menjadi mundur.  "Jadi jadwalnya mundur, tapi UN tetap berlangsung kok," katanya. 

Hebat, Siswa SMAN 6 Solo Ini Dapat Skor 100 di Semua Pelajaran UNBK

Ia tak mengetahui persis penyebab server mengalami gangguan saat pelaksana ujian nasional.

Sebelumnya, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud, Totok Suprayitno, mengatakan bahwa tahun ini ada 8,1 juta peserta didik yang akan mengikuti ujian nasional dan 96 ribu satuan pendidikan.

Sebanyak 126 Siswa SMA Curang pada UNBK 2019

Tercatat, sebanyak 6.293.552 peserta mengikuti UNBK. Jumlah itu meningkat 166 persen dari tahun sebelumnya yang mencapai 3,7 juta peserta. 
 

Kemendikbud: Ujian Nasional SMK Berjalan Lancar

UN di beberapa provinsi itu tetap memperhatikan protokol kesehatan.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2020