Misteri di Balik Isi Surat Ahok dari Penjara

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.
Sumber :
  • Repro Instagram

VIVA – Kemunculan surat yang ditulis Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, dari bilik penjara Rumah Tahanan Markas Korps Brimob Kelapa Dua Depok, Jawa Barat, yang ditujukan kepada pendukung setianya menyisakan sebuah misteri.

Ahok Sebut Pertamina Bisa Tetap Untung Bila Tak Naikkan Harga BBM 2022

Sejak foto surat itu beredar, banyak masyarakat yang bertanya-tanya apa arti dari setiap kalimat di surat singkat Ahok itu dan untuk siapa pesan itu disampaikan Ahok?.

Penelusuran VIVA di media sosial, banyak yang mengaitkan arti dari surat Ahok itu dengan peristiwa telah dihentikannya kasus dugaan penghinaan Pancasila dengan tersangka Rizieq Syihab alias Habib Rizieq oleh penyidik Polda Jawa Barat.

Hasto dan Ahok Sampaikan Pesan Megawati untuk Politisi Muda

Surat Ahok dikaitkan dengan peristiwa kasus Habib Rizieq, karena ditulisnya surat dengan terungkapnya SP3 kasus Rizieq muncul di hari yang sama, Jumat, 4 Mei 2018.

Selain itu, meski Ahok menulis bahwa surat itu ditujukan untuk orang yang setia mendukungnya alias Ahokers, tapi ada kata-kata pada surat yang belum tersirat artinya, seperti kata SAHABATNYA, apalagi di bawa tulisan kata itu digoreskan sebuah garis bawah.

Ruko Milik Ahok di Medan Terbakar, Tiga Orang Alami Luka Bakar

Baca: Heboh, Beredar Surat Pesan Ahok dari Penjara

Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Ada juga pengguna media sosial yang mengartikan kata SAHABATNYA itu sebagai sosok Joko Widodo dan juga Djarot Saiful Hidayat. Karena, kedua orang yang pernah berdampingan dengan Ahok ini, sedang menuju ke bursa pencalonan diri sebagai pemimpin. Jokowi menuju Pemilihan Presiden 2019, dan Djarot menuju Pemilihan Gubernur Sumatera Utara 2018.

Surat itu dituliskan Ahok di secarik kertas putih dengan tinta biru. Dalam surat itu tertulis sebagai berikut:

AHOKERS SEJATI PASTI
TEGAKKAN KEBENARAN, KEJUJURAN
DAN KEADILAN.

TIDAK BOLEH GOLPUT, TETAP PILIH
AHOK & SAHABATNYA

SALAM BTP.

Ahok
Mako Brimob
4-5-2018

Kemunculan surat dari Ahok ini cukup membuat heboh masyarakat. Meski banyak yang meragukan keaslian surat itu, meski di bawah pesan dalam surat tertera tanda tangan Ahok.

Namun, adik kandung Ahok, yakni Fifi Lety Tjahaja Purnama memastikan bahwa surat itu asli tulisan tangan Ahok.

"Tiba2 Byk Yg bertanya kepada saya: apa benar ini tulisannya pak Ahok? Jawabnya Iya benar itu tulisan beliau. Bagi yg mau share Monggo silakan Di share. Trims buat semua Ahokkers Sejati" tulis Fifi di akun Instagram pribadinya seperti dikutip VIVA.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya