Demi Kebutuhan Ramadan, Pria Ini Nekat Curi Truk di Soetta

Polisi cokok WR, terduga pencuri truk di Bandara Soetta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly

VIVA – Demi memenuhi kebutuhan dapur keluarga jelang bulan Ramadan, WR (38), nekat mencuri satu unit truk milik PT Aditya Transport yang terparkir di area Soewarna, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Warga Kuningan, Jabar ini punya modus dengan mencoba anak kunci palsu yang dibuatnya.

Modus Nyamar Jadi Keluarga Mempelai, Pencuri Gondol Mas Kawin 20 Gram Emas

WR dengan anak kunci palsu kemudian coba mencocokkan kunci tersebut dengan setiap truk yang terparkir.

"Jadi pelaku utama ini yakni, WR, membuat anak kunci palsu. Kemudian, pada malam hari ia bersama rekannya DS memantau situasi untuk mencocokkan kunci yang langsung didapati satu truk yang cocok," kata Kapolres Bandara Soekarno-Hatta, AKBP Victor Togi Tambunan, Senin, 7 Mei 2018.

PCR Tak Lagi Jadi Syarat PPDN, Ini Langkah Bandara Soetta

Saat mencocokkan anak kunci dan akhirnya berhasil, WR bersama rekannya langsung melancarkan aksi dengan mencuri truk tersebut. Selanjutnya, truk tersebut dijual pada keempat pelaku lainnya yakni, JN, RH, SR, dan AR yang merupakan para penadah hasil curian.

"Kami bisa melacak tersangka yang juga karyawan dari PT Aditya Transport melalui CCTV yang ada di area parkir Soekarno-Hatta ini," ujarnya.

Jelang Nyepi, Pergerakan Penumpang di Bandara Soetta Diprediksi Turun

Kapolres Victor menambahkan, berdasarkan pengakuan pelaku WR, bapak dua anak tersebut nekat melakukan aksinya karena terdesak kebutuhan ekonomi. Pengakuan WR, karena dia harus memenuhi kebutuhan jelang Ramadan hingga Lebaran nanti.

Dari tangan para pelaku, didapati satu unit truk hasil curian beserta uang tunai Rp50 juta yang merupakan hasil transaksi mereka.

Atas perbuatannya, para pelaku dijerat dengan pasal 363 atau pasal 480 KUHP dengan ancaman di atas lima tahun penjara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya