DKI Bagi KLJ, Belasan Ribu Lansia Dapat Rp600 Ribu per Bulan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan KJL kepada lansia
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat

VIVA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberikan Kartu Lansia Jakarta (KLJ) kepada 12.141 warga lanjut usia atau lansia, Selasa, 8 Mei 2018. Dengan kartu ini, warga yang berumur 60 tahun ke atas dan masuk kategori lansia akan menerima uang ratusan ribu per bulan.

Detik-detik Lansia Tewas Tertimpa Atap Ambruk saat Tidur Pulas

"Para lansia ini akan menerima Rp600 ribu per bulan, dan yang dibagikan sekarang ini dirapel dua bulan. Bulan April dan Mei. Mereka menerima Rp1,2 juta bulan ini," kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, saat peresmian, di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak, Pulo Gundul, Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta, Selasa, 8 Mei 2018.

Bantuan untuk lansia diberikan Pemprov DKI melalui Bank DKI. Masyarakat yang  masuk kategori lansia, dapat mencairkan dana menggunakan KLJ di ATM Bank DKI.

Wanita Lansia di Jaksel Ngaku Diperkosa Handphone, Diduga Halusinasi

Anies mengatakan, penerima KLJ merupakan para lansia yang masuk dalam Basis Data Terpadu (BDT) Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). Data ini akan terus dimutakhirkan agar tidak ada lansia yang terlewat.

"Mereka yang terima ini berusia di atas 60 tahun, tinggalnya di Jakarta, tidak memiliki penghasilan yang tetap atau miskin, sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan dasarnya," ujarnya. 

Dokter Ungkap Penyebab Tulang Jadi Keropos, Salah Satunya Jarang Aktivitas Fisik

Dia menambahkan, "Bisa juga mereka yang memiliki penyakit yang sudah menahun. Tidak bisa melakukan kegiatan dan juga warga yang telantar. Jadi itu dia kriterianya untuk pemberian kartu lansia ini".

Soal teknisnya, Direktur Utama Bank DKI, Kresno Sediarsi mengatakan, lansia hanya diberi kartu ATM dan dapat langsung mencairkan dana tersebut setiap bulannya sebesar Rp600 ribu. ATM Bank DKI sangat mudah dijangkau, karena terdapat di seluruh kantor pemerintahan DKI Jakarta, mulai dari kelurahan sampai wali kota.

"Ini kami layani melalui ATM yang ada di seluruh kelurahan, di seluruh kecamatan, di seluruh kantor wali kota dan bahkan seluruh kantor SKPD. ATM-nya Bank DKI itu sekarang adanya di semua lingkungan pemerintah provinsi," ujarnya.

Dalam program ini, menurut Kresno, Bank DKI tidak memberikan buku tabungan untuk catatan keuangan para lansia. Tetapi jika dibutuhkan, catatan keuangan tersebut dapat diminta ke cabang Bank DKI terdekat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya