Musim Mudik, Biaya Parkir Motor Melonjak

Sepeda motor terparkir di kawasan Menteng, Jakarta. (Ilustrasi).
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Edwin Firdaus.

VIVA - Jasa penitipan kendaraan roda dua atau motor tampaknya makin diminati oleh pemudik. Di area dekat Stasiun Senen, Jakarta Pusat, sekitar 100 motor lebih pemudik telah mentitipkan motornya untuk berlanjut menggunakan kereta api ke kampung halamannya.

Organda Imbau Pengusaha Truk Taati Aturan Overload Muatan

Bila sebelumnya tarif dipatok Rp2.000, namun selama mudik pengelola parkir menaikkannya menjadi Rp5.000 per hari.

"Kalau hari biasa memang di sini juga buka buat karyawan yang bekerja di sekitar sini, tapi pada musim mudik disini buka penitipan motor," kata Edi yang menyediakan tempat parkir saat ditemui di Stasiun Senen, Rabu, 13 Juni 2018.

KAI Klaim 'Zero Accident' Selama Mudik Lebaran 2018

Edi menambahkan, alasan menaikkan tarif inap motor lantaran dirinya harus mempekerjakan tenaga tambahan saat musim lebaran kali ini. Mereka dipekerjakan selama 24 jam untuk mengawasi kendaraan yang diinapkan. Lokasinya pun tak jauh, hanya 100 meter dari jarak stasiun.

"Saya harus rekrut tiga orang lagi buat jagain motor di sini. Total karyawan sekarang enam orang yang dibagi menjadi dua shift pagi dan malam," kata dia.

Sepanjang Musim Mudik 2018, KAI Angkut 6,2 Juta Penumpang

Selain petugas, Edi juga, membuat kamera pengawas atau CCTV di lahan 17 x 6 meter tersebut. Ia bilang, baru menggunakan lahannya sejak dua tahun belakangan lantaran banyaknya permintaan.

"Awalnya enggak mau menerima jasa penitipan motor tapi sayang juga soalnya tiap tahun ada aja nanyain makanya dari dua tahun yang lalu mulai buka jasa penitipan motor," ujarnya.

Gandeng Intiland, MRT Jakarta Sediakan Parkir Murah untuk Penumpang

MRT Jakarta Sediakan Parkir Murah, Tarif Hanya Rp5.000 per Hari

Motor hanya Rp2.000 per hari.

img_title
VIVA.co.id
15 Agustus 2019