Ribuan Personel Polda Metro Kawal Kotak Suara Pilkada Jabar

Kapolda Metro Jaya pantau Pilkada serentak di Depok
Sumber :
  • VIVA / Zahrul Darmawan (Depok)

VIVA – Polda Metro Jaya masih menyiagakan ribuan personel polisi untuk mengamankan kotak suara Pilkada Jawa Barat. Pengamanan difokuskan terhadap penghitungan suara yang dilakukan Panitia Pemilihan Kecamatan Pilkada Jabar. 

Terpopuler: Pembunuhan Wanita Dalam Koper, Harta Pj Gubernur DKI hingga Nomor Tilang Elektronik

"Untuk hari ini semua kotak suara sudah di PKK, artinya anggota ini mengamankan kotak suara di PPK, nanti menunggu setelah dilakukan penghitungan di PPK, kemudian dikirim ke KPUD jadi tetap mengamankan itu," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Kamis, 28 Juni 2018.

Polda Metro Jaya  turut membantu pengamanan saat pelaksanaan Pilkada Jabar digelar, Rabu, 27 Juni 2018. Pengamanan itu dilakukan karena beberapa daerah di Jabar seperti Bekasi, Tangerang dan Depok masih merupakan wilayah hukum Polda Metro Jaya. 

Lalai dalam Melindungi Siswa, Sekolah Kinderfield Primary Simprug Dilaporkan ke Polda Metro Jaya

Argo menjelaskan, Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Idham Azis pun meninjau langsung sejumlah TPS di kawasan Depok, Jabar. "Jadi kemarin bapak Kapolda mengecek langsung di wilayah Depok dan untuk pak Wakapolda ada di Bekasi ya," katanya. 

Argo meminta masyarakat dapat menjaga suasana pesta demokrasi Pilkada 2018 yang baru selesai digelar. Situasi aman dan tertib tetap harus diperhatikan, khususnya setelah hasil hitung cepat atau quick count yang dilakukan oleh sejumlah lembaga survei.

Tersangka Pembunuhan Sempat Salah Beli Koper Buat Masukkan Jasad Wanita yang Dibuang di Cikarang

"Seandainya di quick count itu ada yang di atas, jangan euforia, kemudian mengejek yang lain, tetapi tetap dengan tenang. Nanti kita tunggu, nanti yang berwenang yang menyampaikan," katanya.

Hari ini,  menurut Argo,  semua kartu dan kotak suara wilayah hukum Polda Metro Jaya sudah berada di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan dilakukan penghitungan. Petugas di lapangan terus menjaga proses tersebut sampai hasilnya dikirim ke KPUD.

Sejauh ini, belum ditemukan adanya kecurangan yang terjadi di sejumlah TPS. "Kita sama-sama menjaga, sama-sama memiliki, dan sama-sama untuk ke depan biar bangsa ini memiliki pemimpin-pemimpin yang baik dan kemudian bisa bersaing dengan negara lain," kata Argo.

Dalam pelaksanaan pencoblosan Pilkada Jabar, Polda Metro Jaya mengerahkan 3.751 personel polisi untuk mengamankan 14 ribu lebih TPS.  Sejumlah Polres di wilayah hukum Polda Metro Jaya juga mengerahkan 5.044 personel. 

Pengamanan pencoblosan Pilkada Jabar juga dibantu personel TNI dan anggota Pelindung Masyarakat (Linmas). Total pasukan gabungan yang turut membantu pengamanan Pilkada Jabar sebanyak 41.381 personel.  


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya