Daftar Capres Cawapres, Lalu Lintas Sekitar KPU Dialihkan

Sepanduk selamat datang capres dan cawapres di Kantor KPU Jalan Imam Bonjol.
Sumber :
  • Foe Peace

VIVA – Pengalihan arus lalu lintas saat pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden di kantor Komisi Pemilihan Umum pada hari ini, Jumat 10 Agustus, telah disiapkan. Sebanyak 167 polisi lalu lintas pun dikerahkan untuk mengantisipasi kemacetan saat pendaftaran berlangsung. 

Drama Korea Crash Akan Tayang Perdana di Disney+ Hotstar pada 13 Mei 2024

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Yusuf mengatakan, rencana pengaturan dan pengalihan arus lalu lintas telah direncanakan. Hal tersebut sebagai antisipasi kemacetan apabila pendukung capres-cawapres datang ke KPU untuk mengawal dengan jumlah yang cukup banyak. 

"Kami siapkan (ratusan personel polantas), termasuk juga nanti apabila jalan depan KPU penuh dengan massa pendukung kami laksanakan pengalihan arus tapi kalau nanti enggak ada yang mengawal atau yang mengantar, sepi-sepi saja enggak ada masalah juga kan," ujar Yusuf saat dihubungi, Jumat 10 Agustus 2018.

Brigjen Nurul Bicara Strategi STIK Lemdiklat Cetak Pemimpin Polri yang Mumpuni

Sementara itu, Kepala Bagian Operasi Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Sudarmanto mengatakan, terdapat tiga rute pengalihan arus lalin untuk pendaftaran capres. Pertama akan dilakukan dari Bundaran Hotel Indonesia mengarah ke Jalan Imam Bonjol akan diarahkan ke kiri Jalan Agus Salim dan ke kanan Jalan Pamekasan. 

Kemudian arus dari Jalan Rasuna Said yang mengarah ke kiri ke arah Imam Bonjol akan diluruskan ke arah Menteng dan dibelokkan ke kanan ke Taman Suropati. Sebaliknya, untuk arus lalin yang dari Menteng diluruskan ke Rasuna Said dan belok kiri ke arah Taman Suropati. Sehingga tidak ada yang melewati Jalan Imam Bonjol. 

Polisi di Surabaya Ditahan, Diduga Cabuli Anak Tiri Sejak SD sampai SMP

"Jalan Imam Bonjol sementara untuk mengantisipasi pendaftar capres cawapres jika ada yang mengantar sehingga kita berikan tempat," ucapnya.

Sudarmanto mengatakan, pengalihan arus lalin juga bersifat kondisional dan akan berlangsung saat capres mendaftarkan diri ke KPU. Hingga kini pihaknya pun belum mendapatkan informasi pasti pada pukul berapa capres akan mendaftar. 

"Pengalihan arus ini adalah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat pengguna jalan jangan sampai ada pihak yang dirugikan. Misal pendaftaran jam 10.00 WIB enggak mungkin dari jam 05.00 WIB kita alihkan, kan kasihan, kita fleksibel," ujarnya.

Jika sesuai rencana, pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin akan mendaftar ke KPU pada pukul 09.00 WIB. Sedangkan pasangan Prabowo-Sandiaga akan mendaftar ke KPU usai solat jumat di Masjid Istiqlal. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya