Uji Coba Hari Terakhir, Masyarakat Serbu Kereta LRT Jakarta

Masyarakat serbu LRT di Stasiun Velodrome Jumat 14 September 2018
Sumber :
  • VIVA / Dusep

VIVA – Uji coba light rail transit (LRT) Jakarta memasuki hari terakhir, Jumat, 14 September 2018. Masyarakat berduyun-duyun mendatangi Stasiun Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur, untuk menjajal kereta tersebut.

Operasional MRT dan LRT Jakarta Diperpanjang Saat Malam Tahun Baru 2024, Ini Jadwalnya

Pantauan VIVA, masyarakat tampak berkumpul di dekat pintu masuk menuju kereta LRT. Terlihat anak-anak hingga orang tua menunggu di lokasi. Kereta LRT dijadwalkan mulai beroperasi pukul 14.12 WIB.

Ketika kereta datang, warga bersorak kegirangan. Tak lama kemudian, mereka diizinkan masuk ke dalam kereta. Warga langsung menyerbu masuk dalam rangkaian LRT. Terdapat empat kereta dalam satu rangkaian LRT. Dalam satu rangkaian berkapasitas 540 orang.

Menhub Optimis LRT Jakarta Velodrome Rawamangun-Manggarai Beroperasi 2026

Setelah para penumpang masuk ke dalam 'ular besi' berkelir putih dipadu merah itu, kereta segera berangkat. Kereta bergerak menuju Stasiun Mal Kelapa Gading yang berjarak 5,8 kilometer dari Stasiun Velodrome.

Kereta LRT bergerak pelan. Tidak terasa guncangan dalam kereta. Dalam kereta, hawa dingin dari AC menyergap para penumpang.

LRT Jakarta rute Velodrome-Manggarai Digarap Pakai APBD DKI Rp 5,5 Triliun

Para penumpang tampak menikmati perjalanan. Ada yang berswafoto, melihat-lihat pemandangan Jakarta dari ketinggian, hingga merekam perjalanan dari balik jendela kereta.

Seorang penumpang, Wiwi, warga Pulogadung, Jakarta Timur, ikut menjajal kereta LRT bersama anaknya dan teman-teman sekolah anaknya. Mereka tahu soal uji coba itu dari tetangga-tetangga yang telah lebih dulu menjajal LRT. Dia sengaja datang bersama anaknya mencoba kereta itu. "Biar ada pengalaman," ujarnya.

Waktu tempuh perjalanan dari Stasiun Velodrome ke Stasiun Mal Kelapa Gading sekitar 15 menit. Di stasiun terakhir, kereta berhenti sekitar satu menit. Lalu, kembali lagi menuju Stasiun Velodrome. Perjalanan balik ke Stasiun Velodrome memakan waktu sama sekitar 15 menit.

Tiba di stasiun awal, sejumlah warga tampak tak segera beranjak meninggalkan lokasi. Mereka melakukan swafoto kembali di depan kereta LRT. Keluar dari LRT, warga diberi lembar kertas survei.

Dalam survei tersebut, terdapat sejumlah pertanyaan di antaranya, tentang penggunaan transportasi umum, penilaian mereka terhadap uji coba itu, hingga harga tiket LRT yang dianggap sesuai oleh warga. Terdapat tiga pilihan harga, yaitu Rp5.000, Rp7.000, dan Rp10.000.

Uji coba LRT Jakarta tersebut dilakukan sejak 15 Agustus 2018 hingga 14 September 2018. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya