Akses Alternatif Jalan Tol Bandara Soetta Bakal Bertambah di 2019

Ruas jalan tol Kunciran-Cengkareng
Sumber :
  • Dok. Jasa Marga

VIVA – Akses jalan tol ke Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, akan bertambah usai beroperasinya jaringan Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 pada 2019.

Jelang Nyepi, Pergerakan Penumpang di Bandara Soetta Diprediksi Turun

Menurut Direktur Utama PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC), Edwin Cahyadi, ruas jalan tol Kunciran-Cengkareng, yang merupakan bagian paling ujung dari JORR 2, akan menjadi akses alternatif ke Bandara Soetta di samping jalan tol Soedijatmo yang menjadi akses utama selama ini.

"Apabila jalan tol Kunciran-Cengkareng telah beroperasi, maka akses jalan tol ke Bandara Soekarno-Hatta akan bertambah," ujar Edwin melalui keterangan yang diterima pada Senin, 17 September 2018.

Erick Thohir Sebut Karpet Bandara Soetta Jelek, Ini Respons AP II

Adapun ruas yang memiliki panjang 14,19 kilometer itu saat ini, kata Erwin, sudah 20,1 persen kemajuan konstruksinya. Sementara, kemajuan pembebasan lahan telah mencapai 50 persen.

"Untuk keseluruhan ruas Kunciran-Cengkareng, pembebasan lahan hingga tahap pembayaran dilakukan pada Oktober 2018. Sehingga target kami Oktober 2018 (pembebasan lahan) sudah 100 persen selesai,” ujar Edwin.

Viral Kualitas Karpet Bandara Soetta Jelek Kata Menteri Erick Thohir

Lebih lanjut, Edwin menyampaikan, ruas Kunciran-Cengkareng terdiri dari empat seksi. Penyelesaian konstruksi keempatnya ditargetkan tercapai pada triwulan III 2019.

"Pengguna jalan tol nantinya akan memiliki alternatif lain ke bandara, di luar Jalan Tol Soedijatmo. Sehingga arus kendaraan ke Bandara Soetta akan terdistribusi," ujar Edwin. (ase)

Bandara Soekarno-Hatta

PCR Tak Lagi Jadi Syarat PPDN, Ini Langkah Bandara Soetta

Meski penumpang perjalanan domestik tidak lagi harus menggunakan PCR, layanan tes COVID-19 yang ada di bandara Soetta masih dibuka.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022