Ratusan Makam di Depok Kena Gusur Proyek Tol Depok-Antasari

Pembongkaran makam di jalur proyek Tol Desari.
Sumber :
  • Zahrul Darmawan/VIVA.co.id

VIVA – Ratusan jenazah di area tempat pemakaman umum (TPU) Kumpi Saribah, Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo, Depok akan dipindahkan akibat terkena imbas proyek pembangunan Jalan Tol Depok-Antasari atau yang disebut Tol Desari. 

Mobil Terperosok ke Tol Limo Depok, Pengemudi Diduga Alami Kaku Seluruh Badan

Camat Limo, Herry Restu Gumelar, mencatat, dalam kurun waktu dua hari terakhir, ada sebanyak 400 jenazah yang telah diangkat dari TPU tersebut.

“Iya sudah ada sekitar 400 makam yang kami bongkar dan dipindahkan ke lahan kosong di sebelah utara tak jauh dari sini. Ini dilakukan karena kawasan tersebut digunakan sebagai jalur tol,” katanya kepada wartawan, Rabu 19 September 2018.

Waspada, Begini Cara Penculik Bawa 8 Bocah di Depok

Jumlah tersebut, kata Herry, kemungkinan akan terus bertambah, mengingat jumlah makam yang berada di TPU itu mencapai 1.100 liang lahat. Progres pemindahan sejak dua hari ini terus meningkat.

“Dua hari kita sudah pindahkan 400 jenazah, kemungkinan akan bertambah dipindahkan ya. Kita akan pindahkan semua jenazah yang terkena pembangunan tol sampai akhir bulan ini,” tambahnya.

Polisi Sebar Sketsa Pelaku Penculikan di Depok, Ketahui Ciri-cirinya

Herry mengaku, pemindahan ratusan makam ini sudah mendapat restu dari ahli waris atau keluarga almarhum. Prosesi pemindahan jenazah pun ditegaskan dilakukan sesuai prosedur dan tuntunan agama. 

“Seperti awal pemakaman ya, dimandiin dulu, dikafani, dan disalatkan. Baru setelah itu dimakamkan di tempat pemindahan. Semua perwakilan ahli kubur pun kami undang kok untuk menyaksikan pemindahan makam ini,” katanya.

Hingga saat ini, Herry menyebut pihaknya tidak menemukan kendala dalam proses pemindahan makam tersebut. “Alhamdulillah semua lancar, ya kita doakan semoga tetap lancar sampai semuanya selesai," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya