Revitalisasi Monas, Ada Hadiah Rp445 Juta untuk Sayembara Desain

Pengunjung bersantai di taman Monumen Nasional (Monas), Jakarta.
Pengunjung bersantai di taman Monumen Nasional (Monas), Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Asiantoro mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyiapkan hadiah Rp445 juta untuk sayembara desain penataan Monas.

Melalui sayembara ini, dia berharap, dapat tercipta suasana kompetisi yang inovatif dan bisa menciptakan sejarah untuk Jakarta. "Namun tetap mencerminkan sejarah, budaya dan filosofi bangsa dan sekaligus tetap menjaga kondisi kawasan Medan Merdeka dan Tugu Nasional dalam upaya konservasi," ujar Asiantoro, dalam keterangan siaran pers, Selasa, 18 Desember 2018. 

Kompetisi ini, menurut Asiantoro, akan dibuat menjadi dua bagian. Pertama adalah sayembara interior tugu nasional. Kedua, penataan rencana tapak kawasan Medan Merdeka.

Ia menjelaskan, proses revitalisasi sangat diperlukan untuk kenyamanan para pengunjung Monas. "Revitalisasi itu kan sama saja dengan perbaikan, nah kami rutin ada perbaikan gitu loh. Detailnya itu di sana, yang jelas itu perbaikan rutin seperti biasa. Jadi kayak TIM (Taman Ismail Marzuki) kan ada perbaikan revitalisasi dulu yang kecil, sekarang perbaikan yang besarnya," ujarnya. (zra)