Dishub DKI Bakal Tambah Kuota Mudik Gratis, Pendaftaran Akan Diumumkan Pekan Depan

Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo
Sumber :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta – Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan bakal menambah kuota mudik gratis yang digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Hal tersebut dilakukan karena antusias masyarakat yang mengikuti program mudik gratis.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

"Kami sedang berkoordinasi dengan beberapa BUMD, dan mereka sudah menyatakan bersedia menambah bus, dan ini yang nantinya kita akan umumkan pada pembukaan pendaftaran sesi kedua," kata Syafrin kepada wartawan di Jakarta, Selasa, 26 Maret 2024.

Syafrin menjelaskan, saat ini pihaknya tengah melakukan verifikasi data pendaftar program mudik gratis. Karena, kata dia, beberapa pendaftar yang tak melengkapi persyaratan, seperti menunjukkan KTP. Sisa kuota akan dimasukkan ke pendaftaran gelombang kedua.

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo.

Photo :
  • VIVAnews/ Fajar Ginanjar Mukti

"Dan saat ini kami sedang melakukan verifikasi data dari pendaftar, memang ada beberapa pendaftar yang kemudian tidak bisa menunjukkan KTP. Karena pada saat mereka mendaftar pun itu tidak bisa meng-input NIK, sehingga ini yang kemudian kita keluarkan dan potensial akan ada sisa kuota yang kemudian itu akan kami umumkan kembali untuk tahapan berikutnya," kata Syafrin.

PKB Bakal Usung Ida Fauziyah-Hasbialla Ilyas di Pilkada DKI

Setelah menunggu proses verifikasi, lanjut Syafrin, pihaknya masih menghitung jumlah kuota serta jumlah bus tambahan. Ia berharap pendaftaran gelombang kedua bisa diumumkan pekan depan.

"Sekarang kan sedang verifikasi, kita harapkan minggu ini paling lambat selesai, sehingga pada awal minggu depan kita bisa umumkan," tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengungkapkan kuota mudik gratis Idul Fitri Pemprov DKI Jakarta sebanyak 10.360 penumpang sudah terpenuhi.

"Mudik gratis kami sampaikan saat ini untuk arus yang mudik target kita adalah 10.360 penumpang ini semuanya sudah terisi. Jadi tadi saya mengecek di aplikasi untuk jumlah pedaftar sudah terpenuhi," kata Syafrin di Taman Literasi Martha Tiahahu, Blok M, Jakarta, Sabtu 23 Maret 2024.

Sedangkan untuk kuota arus balik mudik Lebaran, menurut Syafrin, saat ini hanya tersisa 3 persen dari kuota yang ada. Dia memperkirakan, kuota penumpang itu akan sepenuhnya terisi pada hari ini.

"Sementara untuk arus baliknya ini tinggal tersisa 3 persen. Saya perkirakan hari ini juga akan terisi. Oleh sebab itu kemungkinan ini link pendaftaran online akan kami tutup," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya