Pemprov DKI Anggarkan Rp 6,3 M Beli Moge Listrik, Dipakai Kawal Gubernur

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta - Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo menjelaskan bahwa pembelian motor listrik seharga Rp 6,3 miliar bakal digunakan untuk mengawal Gubernur terpilih Jakarta.

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

"Motor listrik tersebut akan digunakan prioritasnya untuk pemanduan Gubernur terpilih nanti," ujar Syafrin Liputo kepada wartawan di Jakarta, Selasa, 26 Maret 2024.

Calon moge listrik yang akan dipakai Dishub DKI Jakarta

Photo :
  • ANTARA/Siti Nurhaliza
PKB Bakal Usung Ida Fauziyah-Hasbialla Ilyas di Pilkada DKI

Tak hanya itu, Dishub DKI juga beralasan membeli motor listrik itu untuk melakukan patroli. Syafrin kembali menjelaskan bahwa pengadaan motor listrik untuk patwal ini menggantikan motor yang telah digunakan sejak 2006 silam.

"Oleh sebab itu, kami selaku Dishub memilih kendaraan listrik itu pertama untuk patroli. Ada beberapa kendaraan motor besar yang biasa digunakan untuk pengawalan usianya sudah cukup tua, 2006 terakhir kita mengadakan. Jadi ini kita akan ganti tapi dengan menggunakan teknologi motor listrik," kata dia.

Pemprov DKI Jakarta Dukung Kerja Sama Proyek MRT Berkonsep TOD dengan Jepang

Syafrin mengatakan mobilitas Gubernur Jakarta sangat tinggi. Sehingga, kata dia, dengan pengadaan motor listrik itu dapat menekan polusi udara di Jakarta yang harus dimulai di internal Pemprov DKI.

Sebagai informasi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengalokasikan anggaran senilai Rp 6,3 miliar untuk membeli 5 unit motor gede alias moge listrik yang akan digunakan untuk pengawalan (Patwal) pimpinan VVIP.

Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Informasi ini tercantum dalam situs Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SiRUP) Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dengan nama tender "Pengadaan Kendaraan Dinas Operasional Lapangan Khusus Sepeda Motor Listrik Pengawalan Pimpinan VVIP".

Dikutip VIVA Otomotif dari laman tersebut, proses pemilihan penyedia motor listrik ini akan dimulai pada Maret 2024 dan berakhir Juni 2024. Pemanfaatan motor listrik ini ditargetkan dimulai pada Desember 2024.

Spesifikasi detail motor listrik yang akan dibeli belum dipublikasikan. Namun, beberapa waktu lalu Dinas Perhubungan DKI Jakarta sempat mencoba salah satu moge listrik buatan Amerika Serikat, yakni Livewire.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya