Pasca Longsor, Underpass Perimeter Selatan Soetta Kembali Dibuka

Jalur Perimeter Selatan Bandara Soetta akan dibuka kembali.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly

VIVA – Pihak Bandara Soekarno Hatta Tangerang akan kembali membuka jalur Perimeter Selatan pada 7 Maret 2019. Jalur tersebut sebelumnya tak bisa dilalui lantaran tengah dalam proses perbaikan pasca tragedi ambruk underpass Perimeter Selatan.

Bangunan Sekolah di Kolaka Roboh Ditimpa Tanah Longsor, 2 Ruang Kelas Porak-Poranda

Senior Manager Of Branch Communication and Legal Bandara Soekarno Hatta, Febri Toga Simatupang mengatakan, jalur tersebut dibuka untuk mengatasi kemacetan menuju bandara. Tapi, untuk saat ini masih menerapkan sistem khusus.

"Jalur itu sudah kurang lebih satu tahun tidak dilalui pasca tragedi ambruknya dinding underpass di bulan Februari 2018 lalu. Sekarang, akhirnya kita buka kembali tapi memakai sistem khusus," katanya kepada VIVA, Sabtu, 16 Februari 2019.

3 Orang Tewas Imbas Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru

Sistem tersebut diketahui, merupakan pemberlakuan pembatasan waktu karena jalur tersebut hanya dapat dilalui pada pukul 05.00-09.00 WIB dan 16.30-20.00 WIB. Pembatasan ini juga karena jalur keluar dari bandara menuju Tangerang masih dalam perbaikan.

"Jalur exit (keluar) arah dari Bandara ke Tangerang masih diperbaiki, jadi nantinya hanya satu jalur saja yang bisa dilalui (jalur Tangerang-Bandara Soekarno Hatta). Kami pun, akan pasang palang pintu sebagai tanda pembatasan waktu beroperasi," ujarnya.

Longsor Tewaskan 20 Orang, Pemerintah Tetapkan Tana Toraja Status Tanggap Darurat 

Ia juga menjelaskan, untuk pengoperasian penuh pada jalur Perimeter Selatan akan diberlakukan pada Mei 2019. Nanti dalam jalur itu tidak lagi terdapat underpass.

"Nanti tidak ada lagi underpass jadi, pakai palang pintu, karena jalur itu kan ada jalur kereta bandara. Supaya safety," ujarnya.

Ketiga jasad korban longsor disemayamkan di rumah duka

Jasad Ibu dan Dua Anak Korban Longsor di Garut Ditemukan

Ketiga korban longsor langsung disemayamkan di rumah duka sanak saudaranya. 

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024