Waspada, Pelaku Ganjal ATM Marak di Jakarta Selatan

Ilustrasi pembobolan ATM
Sumber :

VIVA –Sebanyak empat orang pelaku ganjal ATM yang kerap beraksi di wilayah Jakarta Selatan diciduk polisi. Keempatnya adalah ND (34), HS (40), MI (40), dan JR (30).

Turis Rusia di Bali Tak Bisa Tarik Uang dari ATM akibat Sanksi Perang

Meski memakai modus lama, namun aksi mereka tetap meresahkan warga karena sudah belasan kali mereka beraksi dan selalu mulus. Biasanya sasaran mereka adalah mesin ATM di minimarket.

"Pelaku beraksi di mesin ATM sebuah minimarket pinggiran jalan. Mereka ditangkap di Tangerang dan Karawang," kata Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan, Kompol Andi Sinjaya saat dikonfirmasi wartawan, Rabu 13 Maret 2019.

Alasan Mesin ATM di Bali Dinon-aktifkan Mulai 2 Maret 2022

Keempat pelaku membagi-bagi perannya saat beraksi. Ada yang bertugas mengantre di belakang calon korbannya yang akan menggunakan mesin ATM. Dia yang berpura-pura membantu saat korban mengalami masalah pada ATM miliknya.

Ada juga yang bertugas memasukkan tusuk gigi ke mesin ATM agar saat korban bertransaksi, kartu ATM-nya tersangkut. Kemudian ada yang bertugas menukarkan kartu ATM milik korban dengan kartu ATM palsu yang sudah dipersiapkan.

Viral Nasabah Tarik Uang di ATM Rp500 Ribu Keluar Rp200 Ribu

Lalu ada yang mengalihkan perhatian orang-orang di sekitar lokasi, khususnya penjaga minimarket. Dia pura-pura membeli agar penjaga minimarket tak curiga.

"Siapapun yang ada di seputaran lokasi pada saat sedang beraksi dia akan berusaha mengalihkan. Ada juga yang bertugas melihat PIN milik korban saat korban berusaha mengeluarkan kartu ATM miliknya itu. Setelah berhasil, pelaku pergi dan menguras isi ATM korban di tempat lainnya," ujar dia.

Namun, kini aksi keempatnya harus terhenti. Akibat perbuatannya itu, para pelaku dikenakan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, ancaman hukuman lima tahun penjara. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya