Skema Pengamanan Pemakaman Ani Yudhoyono

Kapolres Jakarta Selatan, Komisaris Besar Indra Jafar
Sumber :
  • VIVA / Foe Peace

VIVA – Polisi mengaku sudah mempersiapkan rencana pengamanan pemakaman istri Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Lulus Disertasi Doktor, Ibas Menangis Kenang Ibu Ani Yudhoyono

"Selain itu kami juga akan melakukan persiapan pengamanan terkait rencana pemakaman yang akan dilakukan di TMP Kalibata," ucap Kapolres Metro Jakarta Selatan, Komisaris Besar Polisi Indra Jafar di Kawasan Perumahan Departemen Luar Negeri, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Sabtu 1 Juni 2019.

Dia menambahkan, pengamanan tidak hanya melibatkan anggota Polres Metro Jakarta Selatan, tapi juga Polda Metro Jaya. Mulai dari saat almarhumah belum tiba sampai kelar dimakamkan nantinya.

Khofifah: Museum SBY-Ani di Pacitan Selesai 2021

"Polda juga sudah monitoring dan pengawalan begitu tiba sampai persemayaman dan pemakaman," katanya. 

Sementara itu, untuk pengalihan arus di sekitar lokasi Indra menyebut hal tersebut bersifat situasional. Semua tergantung pada kondisi di lokasi nanti apakah dibutuhkan atau tidak. 

SBY Ciptakan Lagu Gunung Limo Mengenang Ani Yudhoyono, Amat Syahdu

"Kami akan koordinasi dengan jajaran lalin (lalu lintas) Polda dan Polres. Kalau perkembangan situasi pengunjung yang banyak akan dialihkan arus. Kita lihat saja kalau normal tidak akan ada pengalihan arus lalin," katanya lagi. 

Lebih lanjut sebagai langkah antisipasi setelah mendapat kabar duka ini dia sudah memerintahkan anak buahnya standby di kediaman SBY yang ada di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Namun, nampaknya jenazah almarhum tidak akan dibawa ke sana melainkan ke rumah di Cikeas yang jadi rumah duka. 

"Tapi tetap kami antisipasi yang akan datang ke Kuningan atau menurun karangan bunga di sana. Kami akan tetap bantu keamanan di Kuningan," ujar dia lagi.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya