H-2 Lebaran, Pemudik Masih Padati Stasiun Gambir

Suasana di Stasiun Gambir, Jakarta, pada H-2 lebaran, Senin, 3 Juni 2019.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Arrijal Rachman

VIVA – Memasuki H-2 Lebaran 2019, Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, masih dipadati pemudik, Senin 3 Juni 2019. 

Pengen Naik Kereta? Ini Skema Operasi KA di Gambir di Tengah COVID-19

Pantauan di lokasi, pada pukul 09.00 WIB, para pemudik masih banyak yang duduk-duduk di ruang tunggu stasiun. Namun, ada juga yang menunggu seraya berdiri, karena tempat duduk yang disediakan terisi penuh.

Tiket kereta api yang saat ini sudah bisa dibeli melalui online, semakin memudahkan pemudik untuk membeli tiket.

Kemenhub Pastikan Stasiun Sentral Manggarai Beroperasi pada 2021

Seperti diungkapkan Ratna (23), pemudik yang bekerja di Jakarta tersebut, ingin kembali ke kampung halamannya di Brebes, Jawa Tengah. Dia sudah mulai mencari tiket sejak Maret. Dia baru kebagian untuk keberangkatan Senin 3 Juni 2019.

"Naik KA Tegal Bahari. Kebagian tiketnya H-2. Padahal, carinya dari awal Maret. Rencananya H-4, cuma karena kebagiannya H-2, ya sudah," katanya di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.

Incar Traveller, Toko Pastry & Bakery Ini Buka di Stasiun Gambir

Tidak hanya Ratna, Murtopo (33) juga menuturkan hal sama. Meskipun baru bisa mudik berdekatan dengan Hari Raya Idul Fitri, yang diperkirakan jatuh pada 5 Juni 2019, dia mengaku tetap senang, karena beruntung tetap mendapat tiket untuk pulang kampung ke Semarang, Jawa Tengah.

"Iya, soalnya tiap tahun rutin pakai kereta api. Kalau enggak dapat, repot pakai pesawat, lebih mahal kan, apalagi sekarang harganya begitu," ujarnya.

Berbeda dengan Ratna dan Murtopo yang berangkat masing-masing sendiri, Zaenal (57) hendak berangkat bersama keluarganya ke Tegal. Dia bersyukur, bisa mendapat tiket pulang kampung H-2. Pria yang rutin mudik menggunakan moda kereta api ini juga tak terpikir untuk menggunakan moda transportasi lain, bila kehabisan tiket.

"Naik bus kan lama, bisa macet juga nanti takutnya. Pesawat apalagi harganya, kereta sih memang paling pas, cepat terjangkau juga lagi," ujarnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya