Alasan Pencari Suaka di Kalideres Ribut Sepele

Pencari Suaka di Kalideres Ribut
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace Simbolon

VIVA – Dua orang pencari suaka yang berada di Gedung Eks Kodim 0503/JB, Kalideres, Jakarta Barat, membuat keributan pada Minggu 21 Juli 2019 lalu. Usut punya usut, hal itu lantaran keduanya terlibat bentrok.  

Cek Fakta: 70 Juta Pengungsi Rohingya Bakal Mendarat di Indonesia

Kapolsek Kalideres, Ajun Komisaris Polisi Indra Maulana membeberkan, masalah bermula saat warga Somalia, hendak mengambil air wudu untuk salat zuhur. Kemudian, warga negara asal Afganistan, menyerobotnya.

Tak terima atas hal itu, keduanya pun adu mulut. Perkelahian hampir saja pecah, jika tidak dilerai. 

Perusahaan Elon Musk Dituding Lakukan Diskriminasi ke Pelamar Kerja

"Mereka langsung dilerai, sama pencari suaka lain," ucap Indra, saat dikonfirmasi wartawan, Senin 22 Juli 2019.

Meski dilerai, keduanya masih saja saling lempar umpatan. Petugas yang ke lokasi pun coba menengahi dan memberikan pengertian pada kedua belah pihak.

Selundupkan 400 Pencari Suaka dari Indonesia ke Australia, Pria Iran Dihukum 7 Tahun Penjara

Indra mengatakan, keduanya pun sepakat damai. Kini, situasi di sana dipastikan sudah kondusif. 

"Keduanya sudah kita panggil dan berdamai, supaya tidak mengganggu ketertiban atau menimbulkan keresahan masyarakat sekitar dan pencari suaka lain," katanya.

Sementara itu, salah seorang petugas Tagana Jakarta Barat, Iwan menambahkan, keributan antara pencari suaka di sana pada Minggu kemarin, bukanlah pertama kali terjadi. Pemicu keributan kerap kali, karena saling berebut antrean semisal air wudu tadi.

"Itu emang sudah sering saling serobot, enggak cuma pas ambil wudu, tetapi juga pas berebut air bersih," tambah Iwan. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya