Logo BBC

Afghanistan: Ke Mana Saja Warga Mengungsi Usai Taliban Berkuasa?

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Ribuan orang tengah berebut untuk melarikan diri dari Afghanistan setelah Taliban merebut kembali kendali negara itu - hampir dua dekade setelah kelompok itu digulingkan oleh koalisi militer pimpinan Amerika Serikat.

Taliban, Afghanistan
Getty Images
Sebuah keluarga Afghanistan setelah menyelamatkan diri dari pertempuran di provinsi Kunduz beristirahat di sebuah kamp darurat di Hasa-e-Awal Park, di Kabul, Afghanistan, (14/08).

Sebelum terjadinya pengambilalihan kekuasaan baru-baru ini, menurut data Komisioner PBB untuk Pengungsi atau UNHCR (United Nations High Commissioner for Refugees) tahun lalu, diperkirakan terdapat 2,2 juta pengungsi Afghanistan yang telah berada di negara tetangga.

Lalu, total diperkirakan terdapat 3,5 juta orang yang telah kehilangan tempat tinggal di daerah perbatasan Afghanistan akibat dari konflik yang sedang berlangsung dan ketidakstabilan politik.

Berapa banyak orang Afghanistan yang pergi?

Saat ini, tidak jelas.

Taliban mengendalikan semua titik perlintasan darat utama dengan tetangga Afghanistan (ditunjukkan pada peta di bawah) dan militan mengatakan mereka tidak ingin warga Afghanistan meninggalkan negara itu.

Laporan menunjukkan hanya pedagang atau mereka yang memiliki dokumen perjalanan yang sah yang diizinkan untuk menyeberang.

"Sebagian besar warga Afghanistan tidak dapat meninggalkan negara itu melalui jalur reguler," kata juru bicara Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR), Jumat.

Baca juga:

"Sampai hari ini, mereka yang mungkin terancam bahaya, tidak memiliki jalan keluar yang jelas."

Namun, beberapa pengungsi telah berhasil menemukan jalan keluar dari negara tersebut.

Peta yang menunjukkan penyeberangan perbatasan utama dan bandara di Afghanistan
BBC