Indonesia Dapat Posisi 80 Besar Negara Paling Bahagia di Dunia, Segini Penilaiannya

Ilustrasi Bahagia
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Finlandia masih menjadi negara paling bahagia di dunia, sementara Afghanistan menempati posisi paling terakhir dan disebut negara paling tidak bahagia, menurut tinjauan global.

Bumi Resources Masuk 7 Perusahaan Wajib Pajak Terbaik versi DJP Kemenkeu

Negara Skandinavia, yang berpenduduk 5,5 juta jiwa, kini telah memegang penghargaan tersebut selama tujuh tahun berturut-turut. Afghanistan, sementara itu, sekali lagi berada di urutan terbawah Laporan Kebahagiaan Dunia. 

Sementara untuk Inggris maupun AS sama-sama terpuruk dalam tabel liga global 2024 di lebih dari 140 negara. Inggris turun satu peringkat ke peringkat 20, menempatkannya di bawah negara-negara seperti Lituania dan Ceko, sementara AS merosot delapan peringkat ke peringkat 23. 

Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

Indonesia di posisi berapa?

Ilustrasi kesenian Jakarta, Ondel-ondel Betawi.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Dalam laporan World’s Happiest (and unhappiest) countries 2024 yang dikutip dari Daily Mail, Indonesia menempati posisi ke-80 dengan skor 5.56, di kalahkan oleh Venezuela. Namun posisi ini naik dari tahun sebelumnya yang di posisi 84. Sementara Venezuela mendapat skor 5.60.

Kini memasuki tahun ke-12, laporan yang disponsori PBB ini didasarkan pada penilaian kebahagiaan puluhan ribu orang, serta data ekonomi dan sosial. Ini memberikan skor kebahagiaan pada skala nol sampai 10, berdasarkan skor rata-rata selama periode tiga tahun.

Finlandia mendapat nilai 7,74 dari 10, sedangkan Afghanistan mendapat nilai 1,72. Sebagai perbandingan, Inggris adalah 6,72.

Warga negara Amerika Serikat (ilustrasi)

Photo :
  • AP Photo/Mary Altaffer)

Sementara untuk AS, skornya sedikit lebih rendah karena negara tersebut keluar dari 20 besar  sejak laporan tersebut dimulai pada tahun 2012.

Para analis mengatakan hal ini terutama didorong oleh penurunan kesejahteraan di kalangan kelompok usia di bawah 30 tahun, dan laporan tahun ini merupakan laporan pertama yang mengelompokkan hasil berdasarkan kelompok umur.

Amerika berada di peringkat ke-62 dalam hal kebahagiaan di kalangan generasi muda. Di antara kelompok usia tua yang didefinisikan sebagai orang berusia di atas 60 tahun, berada di urutan ke-10. 

Negara ini mendapat peringkat ke-42 pada kelompok usia paruh baya yang lebih muda dan peringkat ke-17 pada kelompok usia paruh baya yang lebih tua. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya