Tips Menjaga Keuangan Tetap Aman agar Liburan Nyaman

Ilustrasi Liburan Akhir Tahun
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Musim liburan hampir tiba! Abis kerja capek-capek selama beberapa bulan, selalu berhadapan dengan polusi dan macetnya perkotaan, nggak ada salahnya kok kamu menyisihkan sedikit waktu untuk pergi liburan.

5 Tips untuk Mengontrol Emosi secara Efektif, Menghadapi Emosi dengan Tenang

Hidup balance itu penting, lho! Faktanya, liburan bisa bantu kamu melepaskan rasa penatmu, dan membangkitkan semangatmu untuk kembali bekerja.

Nggak perlu sedih dan menahan-nahan diri untuk berangkat liburan, kamu bisa kok menyiasati hal tersebut dengan cara liburan smart, asik tapi tetap hemat. Merangkum dari laman resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), berikut ini beberapa Tips Menjaga Keuangan agar Tetap Aman dan Liburan Nyaman:

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Ilustrasi liburan tanpa HP.

Photo :
  • Freepik

1. Susun Rencana Liburan Sesuai Kemampuan Anggaran

Guru dan IRT Jadi Korban Pinjol Ilegal Terbanyak, OJK: Cek Legalitas dan Logis Sebelum Pinjam

Buat pos anggaran dan rencana pengeluaran, seperti penginapan, transportasi, tiket wisata, makanan, maupun belanja oleh-oleh. Sesuaikan anggaran dengan kemampuan finansial, jangan memaksakan diri apalagi sampai berutang.

2. Bandingkan penawaran transportasi dan akomodasi

Bandingkan berbagai penawaran harga dan promo agar Anda bisa mendapatkan harga terbaik dan meringankan keuangan Anda.

3. Disiplin Anggaran, Hindari FOMO

Dewasa ini, tak sedikit masyarakat yang mengalami gejala fear of missing out (FOMO). Istilah ini dapat diartikan sebagai fenomena takut kehilangan momentum.

Maka itu, pelancong disarankan belanja sesuai rencana yang telah ditentukan, tahan diri dari godaan membeli barang yang bukan kebutuhan Anda

4. Jaga Keamanan Data Pribadi

Ilustrasi liburan

Photo :
  • Dok. Ardha Prasetya

Hindari menggunakan wifi umum untuk melakukan transaksi keuangan, dan jangan berikan nomor pin, password, OTP (one time password) kepada pihak manapun yang tidak dikenal.

5. Aktifkan Notifikasi Rekening dan Simpan Nomor Call Center Bank

Dengan mengaktifkan notifikasi transaksi rekening, Anda bisa memonitor semua transaksi keuangan, termasuk jika ada transaksi yang mencurigakan. Jangan lupa untuk menyimpan nomor call center bank guna berjaga-jaga jika mengalami kendala.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya