Viral Video Jemaah Umrah Indonesia Diperas Warga Lokal, Tukang Foto Nodong Dibayar 500 Ribu

Jabal Rahmah di Arafah saat Wukuf
Sumber :
  • MCH 2022

VIVA Lifestyle – Viral di sebuah media sosial sebuah video memperlihatkan aksi penipuan sekaligus pemerasan berkedok jasa tukang foto keliling yang terjadi di Mekah. Dilihat dari unggahan yang dibagikan oleh akun Instagram @nawaitesira pada Jumat 15 Maret 2024, insiden ini diduga berada di Jabal Rahmah, Mekah.

Saudi Arabia Permits All Types of Visas to Perform Umrah

Beberapa waktu belakangan ini tak dipungkiri marak beredar video yang memperlihatkan momen jemaah Umrah maupun Haji mendapati aksi penipuan dan pemerasan dari sejumlah warga lokal di sana. Seperti video berikut ini memperlihatkan seorang pria yang diduga warga lokal tengah menodong bayaran jemaah Umrah asal Indonesia.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Saat salah satu jamaah yang tengah Umrah diperas oleh warga lokal tersebut, tiba-tiba pria asal Indonesia mencoba untuk menolong dan membantunya agar tidak terkena modus jasa tukang foto yang meminta bayaran senilai 100 riyal atau sekitar hampir Rp500 ribu.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

"Dia minta 100 riyal bayangkan, saya tahan saya tahan. Minta 100 riyal 500 ribu buat foto ngapain," tandas pria asal Indonesia yang mencoba mencegah perbuatan warga lokal tersebut dikutip VIVA.co.id 15 Maret 2024.

Dari video tersebut, terlihat mereka menggunakan modus dengan mencegat para jemaah kemudian memaksa mereka untuk dipasangkan ikat kepala sorban kepada targetnya. 

Setelah sorban berwarna merah putih itu terikat di bagian kepala jamaah Umrah, mereka langsung memotret tanpa izin maupun konfirmasi secara langsung kepada jamaah.  Setelah difoto, mereka langsung menodong bayaran dengan harga fantastis dari para korban.

Jika biasanya biaya foto tak lebih dari Rp100ribu, di sini para pria melakukan aksi penipuannya dengan berkedok sebagai jasa tukang keliling yang membanderol harga jasanya cukup tinggi yakni kisaran Rp 500ribu  hingga Rp 1juta.

Dalam keterangan unggahan video tersebut, sejumlah warganet diminta untuk berhati-hati saat berkunjung ke Mekah dan mendapati aksi seperti yang terlihat dalam video tersebut.
 


Reaksi Warganet

Sontak saja unggahan video tersebut berhasil menyita perhatian warganet di media sosial.

"Penipuan begitu mengganggu jamaah laporkan ke pihak berwajib di arab ini sama aja," tulis warganet.

"Harusnya hal seperti ini wajib dijelaskan pada semua jemaah sebelum berangkat umrah...agar tidak terjadi lagi pada jemaah yang lainnya dimasa datang," tulis lainnya.

"Iy harus hati2 jangan mau di minta uang 100 real hanya untuk biaya foto yg jelek kayak gitu.. krna ayah saya kemarin tu pernah kena tipu seperti itu juga raib uang beliau 300 ratus ribu malahan orang itu pula yg ngambil dari tas ayah saya," tulis lainnya.

"Harusnya ada peringatan awalnya dari pihak travel atau pembimbing," kata lainnya.
"Kotanya Suci ,SDM mnusianya ttp Arabia jahiliyah," tulis lainnya.

"Kurang ajar yah,dilaporin aja biar ditindak," kata lainnya.

"Gendeng orang itu di kasih 50 rb gak mau, malah Malak yak 500 rb," tulis lainnya.

"Lahh itu duitnya selembar tetap dapat tp fotonya selembarpun tidak dapat. Tetep dipegang dia, gk dikasihh," kata lainnya.

"Prindavan ga dimana mana ya," tulis lainnya.

"Terimakasih byk org baik," tulis lainnya.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya