Taliban Penjara 2 Warga AS Karena Langgar Hukum Syariah Islam di Negaranya

Pejuang Taliban berjaga di lokasi ledakan, di Kabul, Afghanistan.
Sumber :
  • AP Photo/Ebrahim Noroozi.

Afghanistan – Pemerintah Taliban di Afghanistan mengkonfirmasi pada akhir pekan lalu bahwa mereka telah menahan “sejumlah warga negara asing, termasuk dua orang Amerika” karena diduga melanggar hukum syariah Islam di negara mereka. 

Komisaris HAM PBB Kecam Perihal Hukum yang Mewajibkan Hijab di Iran

Zabihullah Mujahid, juru bicara utama Taliban, mengatakan kepada radio pemerintah Afghanistan bahwa mereka telah memberi tahu pihak Amerika Serikat tentang penahanan warganya. Dia tidak memberikan rincian tambahan, juga tidak mengungkapkan kewarganegaraan tahanan asing lainnya, hanya pihak AS saja. 

Kerabat dan pejabat AS telah mengidentifikasi salah satu warga Amerika yang ditahan sebagai Ryan Corbett, sedangkan identitas orang kedua belum diungkapkan.

Dipenjara karena Narkoba, Chandrika Chika Ngaku Salah Pilih Teman

Pejuang Taliban memeriksa lokasi ledakan di Kabul, Afghanistan.

Photo :
  • AP Photo/Ebrahim Noroozi.

"Dua orang Amerika saat ini dipenjara bersama dengan warga negara asing lainnya. Alasan kunjungan mereka tidak jelas, namun apa pun alasannya, siapa pun yang mengunjungi Afghanistan harus mematuhi hukum yang berlaku di sini. Siapa pun yang memperoleh visa Afghanistan setuju untuk mengikuti hukum kami,” kata Mujahid saat berbicara secara terpisah kepada saluran berita lokal, melansir VOA, Selasa, 2 April 2024. 

Kondisi Terkini Chandrika Chika di Tahanan, Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba

Seperti diketahui, sejak mengambil alih negara, Taliban menerapkan aturan dan hukum sesuai dengan syariah dalam hukum Islam. 

Ini adalah pertama kalinya Taliban secara terbuka mengakui bahwa pihaknya menahan dua warga negara Amerika Serikat. Sejauh ini, mereka baru melaporkan penangkapan Corbett. 

Dia ditahan pada Agustus 2022, setahun setelah kelompok Islam tersebut mendapatkan kembali kekuasaan di Afghanistan setelah penarikan pasukan Barat pimpinan AS setelah hampir 20 tahun berperang dengan pemberontak Taliban.

Keluarga Corbett akhir-akhir ini meningkatkan seruan agar pemerintahan Presiden Joe Biden berbuat lebih banyak guna menjamin pembebasannya secara aman dan lebih cepat.

Dikabarkan, Corbett dapat menelepon istrinya Anna dan ketiga anak mereka minggu lalu untuk kelima kalinya sejak penahanannya. “Itu adalah seruan yang meresahkan,” kata Anna Corbett kepada media AS. “Sulit mendengar Ryan kehilangan harapan. Dia kini ditahan selama hampir 600 hari dan pola pikirnya berubah mengenai hal ini,” katanya kepada jaringan berita AS. 

Anna berkata bahwa kesehatan fisik Corbett telah memburuk, "Dan sekarang kesehatan mentalnya menurun, hal ini sangat menakutkan bagi saya dan anak-anak kami.” 

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Mathew Miller mengatakan bahwa mereka berupaya untuk menjamin pembebasan semua warga negara Amerika yang “ditahan secara tidak sah” di luar negeri. 

“Kami telah menjelaskan kepada Taliban bahwa penahanan ini merupakan hambatan besar bagi keterlibatan positif mereka, dan kami akan terus melakukan hal tersebut. Kami menggunakan segala upaya yang kami bisa untuk mencoba membawa pulang Ryan dan orang Amerika lainnya yang ditahan secara tidak sah dari Afghanistan,” tambahnya. 

Corbett dan keluarganya telah tinggal di Afghanistan selama bertahun-tahun sebelum dievakuasi selama pengambilalihan Taliban pada Agustus 2021. 

Pejuang Taliban berjaga di lokasi ledakan, di Kabul, Afghanistan.

Photo :
  • AP Photo/Ebrahim Noroozi.

Dia menjalankan dan mengawasi proyek-proyek kemanusiaan untuk organisasi non-pemerintah, dengan fokus pada kesehatan dan pendidikan. 

Corbett kembali ke Afghanistan dua kali pada tahun 2022 dan ditahan oleh Taliban pada perjalanan keduanya tetapi belum didakwa melakukan kejahatan apa pun, menurut keluarganya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya