Vietnam Perkuat Angkatan Bersenjata dengan Tank Tempur Utama MBT T-90S Rusia yang Canggih

VIVA Militer: Tank T-90 Angkatan Darat Tentara Rakyat Vietnam (VPA)ac
Sumber :
  • SpaceBattles Forums

VIVA – Tentara Vietnam sekarang dilengkapi dengan Tank Pertempuran Utama (MBT) generasi terbaru dengan akuisisi varian komando T-90S dan T-90K, tank tempur utama state-of-the-art yang diproduksi oleh Rusia

Media Asing Sebut Timnas Indonesia Bakal Merajai ASEAN

Langkah ini, seperti yang dicatat oleh Basis Data Perdagangan Senjata Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI), melihat batch pertama tank ini dikirim ke Vietnam selama tahun 2018 dan 2019. 

Tank Vietnam

Photo :
  • Army Recognition
Pengamat Sepakbola Asing Sorot Timnas Indonesia: Gaya Main Mereka Langka di Asia

Total pesanan Vietnam mencakup 64 unit T-90S, bersama dengan varian komandonya, T-90SK, menandai peningkatan signifikan pada kemampuan lapis bajanya, dikutip dari laporan Army Recognition Selasa, 2 April 2024.

Dalam konteks yang lebih luas dari Asia Tenggara, angkatan bersenjata Vietnam menonjol karena tradisi militer mereka yang kaya dan pengalaman operasional yang luas, melampaui banyak negara tetangga. Perbedaan ini semakin diperkuat oleh dukungan publik yang luas untuk strategi pertahanan Vietnam, terutama di tengah perselisihan maritim yang sedang berlangsung dengan China atas Laut Cina Selatan. 

Tak Ciut dengan Gempuran AS, Houthi Mengganas Beri Perlawanan Sengit

Pemberlakuan Undang-Undang baru tentang Pertahanan Nasional pada tahun 2018 dan publikasi buku putih pertahanan pada tahun 2019 menggarisbawahi komitmen Vietnam untuk menjaga kedaulatannya. Buku putih secara khusus membahas ketidaksepakatan negara dengan China, menekankan pentingnya upaya bersama untuk memastikan stabilitas regional.

Sampai sekarang, inventaris tentara Vietnam mencakup total 1.383 tank tempur utama yang tangguh. Koleksi yang beragam ini mencakup 45 tank T-34 era Soviet, lebih dari 850 T-54/T-55 bersama dengan versi yang ditingkatkan, mod T-54B, 70 tank T-62, 64 tank T-90S/K yang baru diperoleh, dan 350 tank Tipe 59 yang diperoleh dari China. 

Peningkatan strategis pasukan lapis baja Vietnam ini merupakan bukti nyata dedikasi negara untuk mempertahankan postur pertahanan yang kuat dalam menghadapi tantangan keamanan yang berkembang.

Wisatawan melintas di dekat sebuah tank tempur T.54B buatan Uni Soviet, di Museum Sejarah Militer Vietnam, Hanoi, Vietnam, Minggu, 24 Maret 2019.

Photo :
  • ANTARA FOTO/R. Rekotomo

T-90S adalah varian ekspor dari T-90, tank tempur utama yang dikembangkan dan diproduksi oleh Rusia. Model ini menandakan kemajuan dari lini tank T-72 dan T-80, dengan T-90 asli memasuki layanan di militer Rusia selama awal 1990-an. Dirancang untuk memenuhi permintaan spesifik klien internasional, T-90S menggabungkan beberapa modifikasi yang membedakannya dari pendahulunya.

Dalam hal negara-negara yang menggunakan T-90S, telah diekspor secara luas dan beroperasi dengan beberapa negara di seluruh dunia. Negara-negara seperti India, Aljazair, dan lainnya telah memasukkan T-90S ke dalam pasukan lapis baja mereka, menghargai tank untuk keseimbangan daya tembak, mobilitas, dan perlindungannya.

Ketika memeriksa T-90S dalam hal daya tembak, tank memiliki awak 3 berkat penggunaan sistem pemuatan amunisi otomatis. Itu dipersenjatai dengan pistol smoothbore 125mm yang mampu menembakkan berbagai jenis amunisi, termasuk peluru armor-piercing fin-stabilized discarding sabot (APFSDS), peluru anti-tank (HEAT) ledakan tinggi, dan rudal berpemandu. Persendataan ini memungkinkan T-90S untuk melibatkan berbagai target secara efektif, dari baju besi musuh hingga benteng.

Mobilitas adalah kekuatan utama lain dari T-90S, dengan tangki yang ditenagai oleh mesin berkinerja tinggi yang memungkinkannya bergerak melintasi medan yang beragam dengan kecepatan tinggi. Mobilitas ini sangat penting untuk kedua operasi ofensif, memungkinkan tank untuk bermanuver ke posisi yang menguntungkan, dan skenario defensif, di mana relokasi cepat diperlukan untuk menghindari ancaman.

Perlindungan adalah aspek penting dari desain T-90S, menggabungkan sistem baju besi canggih termasuk baju besi komposit, baju besi reaktif, dan sistem penanggulangan Shtora-1. Langkah-langkah perlindungan ini meningkatkan kemampuan bertahan tank di medan perang dengan mengurangi efektivitas tembakan musuh yang masuk dan senjata berpemandu.

Secara keseluruhan, T-90S adalah perpaduan komprehensif antara daya tembak, mobilitas, dan perlindungan yang dibangun di atas warisan tank T-90 asli. Dengan mengadaptasi kemampuan ini untuk memenuhi kebutuhan pengguna internasional, T-90S telah mengamankan posisinya sebagai aset berharga dalam pasukan lapis baja negara-negara di seluruh dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya