Taliban Afghanistan Kembali Berlakukan Hukum Rajam sampai Mati untuk Kasus Perzinahan Wanita

Perempuan Afghanistan mengikuti sekolah agama.
Sumber :
  • AP Photo/Ebrahim Noroozi.

Afghanistan – Pihak Taliban Afghanistan mengatakan bahwa mereka akan kembali memberlakukan hukuman rajam sampai mati di depan umum untuk para pezinah.

Jaga Mulut! Ini Alasan Mengapa Dosa Ghibah Lebih Besar Dibandingkan Zina

Pemimpin tertinggi Taliban, Hibatullah Akhundzada, mengumumkan pada akhir pekan lalu bahwa kelompok itu akan mulai menegakkan interpretasi dari hukum syariah di Afghanistan, termasuk menerapkan kembali hukuman cambuk dan rajam terhadap perempuan karena perzinahan

Dalam siaran audio di Radio Televisi Afghanistan yang dikuasai Taliban Sabtu lalu, Akhundzada mengatakan: “Kami akan mencambuk para wanita, kami akan melempari mereka dengan batu sampai mati di depan umum (karena perzinahan)," ujar mereka, dilansir The Guardian, Senin 1 April 2024. 

Taliban Plans to Block Facebook Access in Afghanistan

Taliban Afghanistan

Photo :
  • X

"Anda mungkin menyebutnya sebagai pelanggaran terhadap hak-hak perempuan ketika kami melempari atau mencambuk mereka di depan umum karena melakukan perzinahan karena hal tersebut bertentangan dengan prinsip-prinsip demokrasi Anda,” katanya, sambil menambahkan: “(Tetapi) saya mewakili Allah, dan Anda mewakili Setan.” 

Taliban Akan Blokir Akses Facebook di Afghanistan

Dia membenarkan tindakan tersebut sebagai kelanjutan perjuangan Taliban melawan pengaruh barat. “Pekerjaan Taliban tidak berakhir dengan pengambilalihan Kabul, ini baru saja dimulai,” katanya. 

Berita ini tentu membuat kelompok hal asasi perempuan ngeri namun tidak mengejutkan, dan mengatakan bahwa penghapusan hak dan perlindungan yang tersisa bagi 14 juta perempuan dan anak perempuan di negara tersebut kini sudah "habis".

Safia Arefi, seorang pengacara dan ketua organisasi hak asasi manusia Afghanistan Women’s Window of Hope, mengatakan pengumuman tersebut mengutuk perempuan Afghanistan untuk kembali ke hari-hari tergelap pemerintahan Taliban pada tahun 1990-an.

"Dengan pengumuman pemimpin Taliban ini, babak baru hukuman pribadi telah dimulai dan perempuan Afghanistan mengalami kesepian yang mendalam,” kata Arefi.

Sejak mengambil alih kekuasaan dari AS pada Agustus 2021, Taliban telah membubarkan konstitusi Afghanistan yang didukung Barat dan menangguhkan hukum pidana yang ada, menggantikannya dengan interpretasi hukum syariah yang kaku dan fundamentalis. 

Mereka juga melarang pengacara dan hakim perempuan, dan menargetkan banyak dari mereka karena pekerjaan mereka di bawah pemerintahan sebelumnya.

Pada tahun lalu saja, hakim yang ditunjuk Taliban memerintahkan 417 pencambukan dan eksekusi di depan umum, menurut Afghan Witness, sebuah kelompok penelitian yang memantau hak asasi manusia di Afghanistan. 

Para perempuan Afghanistan saat berada di Kabul

Photo :
  • AP Photos/Massoud Hossaini

Dari jumlah tersebut, 57 orang adalah perempuan. 

Baru-baru ini, pada bulan Februari, Taliban mengeksekusi orang di depan umum di stadion di provinsi Jawzjan dan Ghazni. Kelompok militan tersebut telah mendesak masyarakat untuk menghadiri eksekusi dan hukuman sebagai “pelajaran” tetapi melarang pembuatan film atau fotografi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya