Tumpukan Sampah Tutup Kali di Depok hingga Satu Kilometer

Kali di Kota Depok, tertutup sampah.
Sumber :
  • VIVA/Zahrul Darmawan

VIVA –  Aliran Kali Utan Jaya, di kawasan Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Cipayung, Depok, Jawa Barat terlihat dalam kondisi memprihatinkan. Nyaris seluruh kali tersebut sudah tak terlihat akibat tertutup tumpukan sampah. 

Pemkot Tangsel Tiap Hari Berjibaku Atasi 1000 Ton Sampah, Benyamin: Persoalan yang Serius

Ironisnya lagi, kondisi yang telah terjadi sejak lebih dari satu bulan itu, hingga kini belum mendapat penanganan dari dinas terkait.

Hingga Sabtu 10 Agustus 2019, berdasarkan pantauan VIVAnews, pemandangan tak sedap itu terlihat sepanjang lebih dari satu kilo meter dengan lebar kali sekira lima meter. Rata-rata, sampah yang menutupi aliran kali adalah sampah plastik dan stereofoam.  

Petugas Kebersihan di Tangerang Angkut 3 Ribu Ton Sampah per Hari Selama Idul Fitri

Sejumlah warga mengaku, kondisi itu terjadi sejak musim kemarau dan telah dikeluhkan warga sekitar lantaran bau yang ditimbulkan cukup menyengat dan menganggu pernafasan.

“Bau banget, apalagi kalau ada angin malam hari, baunya nyengat,” ucap salah seorang warga setempat, Mardi saat ditemui di lokasi kejadian.

Angkut Ratusan Ton Sampah saat Libur Lebaran, Pemkot Tangsel Catat Ada Kenaikan 10 Persen

Sedangkan Bahari salah satu warga lainnya bahkan mengaku, akibat kondisi itu anaknya terpaksa mengungsi karena kerap mual dan pusing.

“Baunya menyengat, belum lagi nyamuknya jadi banyak banget,” katanya

Pria 61 tahun itu pun hanya bisa berharap, pemerintah Kota Depok dapat memperhatikan kondisi masyarakat bantaran kali tersebut.

“Mohonlah dicarikan solusi terbaik. Kalau warga secara pribadi mau lah kerja bakti, tapi sampahnya ini buang kemana,” keluhnya

Warga sekitar, lanjut Bahri, telah berupaya melaporkan kasus ini ke pihak terkait. Namun sayangnya sampai saat ini belum mendapat respon yang serius.

Sementara itu, hingga berita ini diturunkan, pihak terkait tak bisa dimintai keterangan. [mus]    

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya