Tampilannya Laki-laki, Gadis 19 Tahun Ajukan Permohonan Ganti Kelamin

Ilustrasi gender atau jenis kelamin.
Sumber :
  • Pixabay/3dman_eu

VIVA – 'Terjebak' di tubuh yang salah. Mungkin itulah yang dirasakan oleh seorang perempuan berusia 19 tahun asal Surabaya. Perempuan yang dirahasiakan identitasnya itu selama ini diketahui berjenis kelamin perempuan. Tapi ternyata, ia terlahir dengan kelamin ganda yang telah dibuktikan dari hasil pemeriksaan medik.

Kondisi Mayat Perempuan Dalam Koper di Cikarang Bekasi: Kepala Remuk Bibir Pecah

Makin umurnya bertambah, kromosom laki-laki dalam tubuh perempuan tersebut menjadi lebih dominan. Dalam pemeriksaan diketahui, secara medik kelamin perempuannya sudah tidak berkembang karena sudah dimatikan sesuai keinginannya. Hal itu memengaruhi bentuk fisiknya yang lebih menyerupai laki-laki.

Merasa lebih nyaman menjadi seorang laki-laki dan dikelilingi oleh teman-teman yang kebanyakan laki-laki, perempuan itu pun mengajukan permohonan ganti identitas kelamin. Hal tersebut dibenarkan oleh Juru bicara Pengadilan Negeri Surabaya, Sigit Sutriono, "Benar, ada pengajuan ganti identitas, dari perempuan ke laki-laki," ujar Sigit yang juga tergabung sebagai hakim dalam perkara tersebut, dikutip dari VIVAnews.

Kasus Remaja Perempuan 16 Tahun Ditemukan Tewas di Dalam Hotel, Polisi Tangkap 2 Pria

Sigit memaparkan, tampilan perempuan tersebut sudah seperti laki-laki. Terkait permohonannya, sidang baru dilakukan sehari, karena pemohon belum siap. "Baru sidang sekali. Kita tunda karena pemohon belum siap. Rabu pekan depan (30 Oktober 2019 sidang digelar lagi)," ujar Sigit.

Meski jarang terekspos, perkara ganti kelamin bukan hal baru di Indonesia. Adalah Vivian Rubianti yang merupakan pelaku transeksual pertama di Tanah Air. Vivian yang terlahir sebagai laki-laki, melakukan operasi berganti kelamin di Singapura pada tahun 1973. Ia telah mensahkan identitas barunya sebagai perempuan di Pengadilan Negeri Jakarta Barat-Selatan.

Ada Banyak Cerita! Dude Harlino dan Alyssa Soebandono Ungkap Proses Kelahiran Anak Perempuan Pertama

Lalu ada pula public figure, Dorce Gamalama. Terlahir sebagai Dedi Yuliardi Ashadi, pada tahun 1983 di RS Dr Sutomo, Surabaya, ia melakukan operasi berganti kelamin. Melalui Pengadilan Negeri Surabaya, Dorce secara resmi diakui sebagai perempuan.

Ilustrasi-mayat mengapung

Jasad Wanita Open BO yang Dibunuh Hanyut Dibuang di Kali Bekasi Hingga ke Pulau Pari

Usai menghabisi nyawa wanita yang 'open BO' berinisial R (35), di kostannya, pelaku Nico Yandi Putra membuang jasad korban ke sebuah kali di kawasan Teluk Pucung, Bekasi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024