2020, Jalanan Jakarta Bakal Dipasangi 105 Kamera Tilang Elektronik

Sejumlah anggota Satlantas Polres Metro Jakarta Pusat saat melakukan sosialisasi tilang elektronik kepada masyarakat pengguna kendaraan bermotor di persimpangan Bundaran Patung Kuda, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Penerapan sistem kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) kamera tilang elektronik makin diperluas pada tahun depan. Jumlah kamera ETLE yang terpasang di jalanan Ibu Kota sepanjang tahun 2020 ditargetkan sebanyak 105 unit.

MPMInsurance Ungkap Perlindungan Asuransi Kecelakaan yang Banyak Orang Belum Tahu

Sementara saat ini jumlah kamera ETLE yang dipasang baru 12 unit. Kamera tersebut baru dipasang di sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin. Namun Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menambah 45 kamera ELTE hingga penghujung tahun ini, sehingga totalnya menjadi 57 kamera ETLE.

Pada tahun depan, akan ditambah 48 kamera ETLE. Dengan demikian, jumlahnya pada akhir 2020 diharapkan menjadi 105 kamera ETLE.

Fakta-fakta Dua Helikopter AL Malaysia Tabrakan di Udara, 10 Orang Tewas

"Tahun ini akan ditambah lagi 45 (kamera) ETLE) yang akan dipasang di ruas-ruas jalan yang sudah dikoordinasikan antara Dirlantas Polda Metro Jaya dan kadishub DKI Jakarta. Tahun 2020 akan ditambah 48 (kamera) ETLE," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono di Mapolda Metro Jaya, Kamis, 5 Desember 2019, seperti dikutip dari VIVAnews.

Sementara itu, Gatot mengatakan bahwa ada dua titik kamera ETLE yang sudah beroperasi hari ini di jalan tol dan jalur Transjakarta. Namun dia tak menyebut di mana tepatnya kamera tersebut dipasang.

2 Helikopter AL Malaysia Tabrakan saat Latihan, Menhan Minta Video Kecelakaan Tak Disebarluaskan

Karena itu, pengendara roda empat diharapkan lebih hati-hati lantaran jika pengendara melakukan pelanggaran di titik yang dipasangi kamera tersebut maka sinyal akan dikirim ke NTMC Polda Metro Jaya. Kamera itu bisa mendeteksi kendaraan yang tidak taat pajak sampai kendaraan dengan nomor bodong alias palsu.

"Kalau ada kendaraan belum bayar pajak nanti kelihatan pas masuk tol, kelihatan juga jika nomornya bodong," ujarnya.

Selain itu, kamera ETLE juga bisa mendeteksi kecelakaan lalu lintas, sehingga petugas NTMC Polda Metro Jaya bisa langsung memberitahu petugas polisi terdekat untuk memberikan bantuan ke lokasi kecelakaan.

Sementara itu, dua kamera juga sudah dioperasikan di jalur TransJakarta, yakni di Jalan Sudirman dan Thamrin. Sistem akan memberitahu ke operator NTMC Polda Metro Jaya jika ada pengendara nonTransjakarta yang nekat menerobos jalur tersebut. Operator bisa langsung menghubungi petugas di lokasi untuk melakukan penindakan.

Pemasangan kamera ETLE di jalur TransJakarta untuk mengurangi pengendara non-Transjakarta yang nekat menerobos jalur khusus tersebut. Selain itu, juga diharapkan pengguna kendaraan pribadi beralih ke transportasi umum.

"Ini akan membantu mensterilkan jalur Yransjakarta. Dengan begini, kita berharap pengalihan kendaraan pribadi ke kendaraan umum," ujar Gatot.

Sistem ETLE ini sudah diterapkan sejak 1 November 2018 lalu.
Kamera ETLE dipasang di sejumlah titik jalanan protokol di Jakarta dan ruas tol untuk mengurangi pelanggaran dan angka kecelakaan lalu lintas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya