Kejahatan di Jakarta Meningkat 10 Persen Selama PSBB Corona

Pemeriksaan Kendaraan Selama PSBB di Jakarta
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Nana Sudjana tak menampik adanya kenaikan angka kriminalitas atau kejahatan sebesar 10 persen selama sebulan terakhir saat diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskalan Besar (PSBB) di beberapa daerah wilayah hukum yang dia pimpin.

Terpopuler: Pembunuhan Wanita Dalam Koper, Harta Pj Gubernur DKI hingga Nomor Tilang Elektronik

“Ada kurang lebih sekitar 10 persen peningkatan kasus kriminalitas yang terjadi kalau kita bandingkan antara 1 bulan kebelakang dari bulan Maret sampai dengan bulan April,” ujar Nana Sudjana saat berada di Markas Polda Metro Jaya, Jakarta pada Senin 27 April 2020.

Nana pun membeberkan jenis kriminalitas yang membuat kenaikan angka kriminalitas tersebut meningkat. Jenis kriminalitas tersebut antara lain pencurian dengan kekerasan, pencurian kendaraan bermotor, perampokan minimarket hingga kasus penyalagunaan narkoba.

Lalai dalam Melindungi Siswa, Sekolah Kinderfield Primary Simprug Dilaporkan ke Polda Metro Jaya

“Ada peningkatan 10 persen dan ini memang lebih banyak kasus ini itu antara lain pencurian dan kekerasan, pencurian dengan pemberatan kemudian curanmor dan kasus narkoba serta satu lagi masalah penipuan,” kata dia.

Walau ada kenaikan angka kriminalitas sekitar 10 persen namun Nana mengklaim secara umum, situasi keamanan di wilayah hukumnya bisa dianggap relatif kondusif. Nana menyebut masyarakat tidak perlu khawatir karena aparat keamanan akan selalu memberikan pengamanan.

Tersangka Pembunuhan Sempat Salah Beli Koper Buat Masukkan Jasad Wanita yang Dibuang di Cikarang

“Secara umum di wilayah hukum Polda Metro Jaya relatif kondusif tapi ada beberapa kejadian yang memang dari awal kami prediksi dari berjalannya PSBB kita pun akan memasuki bulan suci Ramadhan kemudian kita juga akan melaksanakan Hari Raya Idul Fitri. Memang dari tahun ke tahun, masalah kejadian terkait dengan bulan puasa kemudian juga hari raya Idul Fitri biasanya ada peningkatan (kasus kejahatan),” lanjut Kapolda Metro Jaya.

Baca juga: Ojol Antre di Geprek Bensu Tiba-tiba Jatuh Terkapar lalu Meninggal

Ilustrasi etalase warung tegal atau Warteg.

Pria Makan Seenaknya Bayar Semaunya di Warteg Jakpus Ditangkap, 1 Temannya Masih Buron

Pria yang viral di media sosial setelah aksinya makan seenaknya dan bayar semaunya di sebuah warteg, di kawasan Jakarta Pusat, ditangkap polisi.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024