Ada 4.000 PNS DKI yang Upacara HUT ke-74 RI di Pulau Reklamasi

Ilustrasi Pegawai Pemprov DKI Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Irwandi Arsyad

VIVA – Sebanyak 4.000 Pegawai Negeri Sipil Pemprov DKI, akan menjadi peserta upacara Hari Ulang Tahun atau HUT ke-74 Republik Indonesia yang diselenggarakan DKI di pulau reklamasi, Jakarta Utara.

Ketua DPRD Minta Pemprov DKI Perbaiki Kualitas APBD, Singgung Permukiman Kumuh

Menurut Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri (KDH KLN) DKI, Muhammad Mawardi, seluruh PNS yang ikut upacara berasal dari seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) DKI di tingkat provinsi.

"Ada sekitar empat ribu pegawai yang ikut (upacara di pulau reklamasi)," ujar Mawardi pada Rabu 14 Agustus 2019.

Heru Budi Pastikan Pelayanan Publik Tetap Berjalan Optimal Usai Cuti Lebaran

Mawardi menyampaikan, para PNS ini akan dijemput menggunakan bus yang jumlahnya 75 unit, dari 12 titik keberangkatan. Upacara direncanakan dimulai pada pukul 07.30 Wib, pada Sabtu mendatang, 17 Agustus 2019.

"Kita akan fasilitasi pemberangkatan dengan 75 bus," ujar Mawardi.

Pemprov DKI Tiadakan CFD Besok karena Masih Cuti Lebaran

Mawardi juga mengemukakan, titik-titik itu misalnya Balai Kota DKI di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, juga seluruh kantor dinas. Upacara akan dipimpin langsung Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan.

"Rencananya inspektur upacara Pak Gubernur," ujar Mawardi.

Sebelumnya diberitakan, Anies memutuskan Pemprov DKI menyelenggarakan upacara peringatan HUT RI ke-74 di Pulau D, yang merupakan hasil reklamasi. Dipilihnya Pulau D, untuk memberi pesan kawasan hasil reklamasi bukan merupakan wilayah eksklusif.

Pertimbangan lain, karena Pemprov DKI Jakarta dalam gelaran upacara kemerdekaan ingin berada di lapangan luas yang mampu menampung banyak orang.

Pertimbangan kedua, ingin mengadakan variasi lokasi di setiap merayakan Hari Kemerdekaan RI tersebut. Sebab, pada 2017, Pemprov DKI Jakarta menggelar upacara di kawasan Monumen Nasional (Monas).

Sedangkan, pada 2018, Pemprov DKI Jakarta berganti lokasi dalam menggelar upacara kemerdekaan di kawasan Taman Lapangan Banteng. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya