Pesan Anies ke Paskibraka: Pastikan Merah Putih Tetap Berkibar Tinggi

Gubernur DKI Jakarta, Anies Bawedan
Sumber :
  • VIVA/Anwar Sadat

VIVA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, menggelar acara ramah tamah dan jamuan makan malam bersama Paskibraka Provinsi DKI Jakarta. Acara ini dilakukan di Balai Agung, Balaikota DKI Jakarta, Sabtu malam 17 Agustus 2019.

Timnas Amin Bakal Halalbihalal di Rumah Anies Besok, Langsung Dibubarkan?

"Latihan panjang persiapan yang nonstop tadi pagi semua berjalan dengan baik sesuai rencana. Izinkan saya memberikan penghargaan dan terima kasih kepada adik-adik yang membuat upacara tadi semakin bersejarah," kata Anies di Balai Agung Sabtu malam.

Pada kesempatan tersebut, Anies juga menerima Piagam Penghargaan Bhakti Teratai Putra Indonesia. Menurutnya piagam penghargaan yang diterimanya merupakan sebuah kehormatan.

Anies Tak Bisa Tentukan Sebagai Oposisi: Saya Bukan Pimpinan Partai

Anies menyampaikan beberapa pesan kepada para Paskibra yang telah berhasil mengibarkan Merah Putih di Pulau Reklamasi. Menurut Anies, tugas sebagai pengibar bendera jangan dianggap seremonial semata, tetapi ada tanggung jawab panjang yang harus dilakukan.

"Ini adalah titipan Anda harus kibar tinggikan Merah Putih. Di bidang apapun berkarya nanti, di dada Anda Merah Putih tunjukkan pada siapapun," kata Anies

Kalah di Pilpres 2024, Anies Ingin Keluar Secara Terhormat

Menurut Anies, dahulu para pejuang membutuhkan waktu berpuluh-puluh tahun untuk dapat mengibarkan Merah Putih dengan tinggi. Kini tugas para paskibraka sudah jauh lebih ringan, karena tidak mesti berhadapan dengan penjajah untuk mengibarkan bendera.

Namun bukan berarti itu mudah, tanggung jawabnya harus dipikul bertahun-tahun, untuk dapat memastikan Merah Putih dapat berkibar selama mungkin

"Hari ini menaikkan bendera Merah Putih empat atau lima menit sampai. Tapi, perintis, puluhan tahun naikin bendera, tidak bisa empat atau lima menit. Waktu itu puluhan tahun, dan tugas kita puluhan tahun akan datang yakni memastikan Merah Putih tetap mampu terbang tinggi," kata Anies.

Anies meminta para generasi muda membuat perencanaan yang matang untuk masa depan. Karena untuk masa depan yang baik diperlukan perencanaan yang baik juga.

"Kami berharap para purna paskibraka benar-benar menjadi garda terdepan dalam menjaga semua," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya