Tabebuya Bakal Bermekaran di Jakarta, Indah Seperti Sakura Jepang

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau pelican crossing di kawasan Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa, 4 Desember 2018.
Sumber :
  • VIVA/Adin Rachmani

VIVA – Pemerintah Provinsi DKI, akan menanam bunga-bunga Tabebuya atau tanaman kembang yang mirip dengan bunga Sakura dari Jepang, di banyak lokasi di Jakarta.

Jaringan Internet Jadi Daya Tarik

Menurut Kepala Dinas Kehutanan DKI, Suzi Marsitawati, pengadaannya telah dianggarkan dalam Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DKI 2019.

"Bukan bunga Sakura, tetapi terlihat seperti sakura, tapi itu Tabebuya," ujar Suzi di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Selasa 20 Agustus 2019.

Diduga Wisatawan Indonesia Rusak Pohon Sakura di Jepang, Netizen: Bikin Malu

Suzi menyampaikan, sejauh ini, bunga direncanakan ditanam di taman-taman juga jalur protokol di tiga kota madya di Jakarta, yaitu Jakarta Pusat, Selatan, juga Utara. Bunga juga akan ditanam dengan warna yang berbeda-beda sesuai wilayah, yaitu warna pink untuk Jakarta Pusat, warna ungu untuk Jakarta Selatan, kemudian warna kuning untuk Jakarta Utara.

"Tabebuya yang akan ditanam itu ada ungu, pink, dan kuning," ujar Suzi.

5 Idol K-Pop Wanita Ini Ternyata Gamers

Suzi mengemukakan, keberadaan Tabebuya akan membuat taman juga lokasi-lokasi umum di Jakarta semakin indah, karena bunga itu terbilang unik.

Suzi berharap, masyarakat Jakarta bisa semakin menikmati keindahan kotanya setelah penanaman dimulai hingga akhir tahun nanti.

"Kita akan tetapkan ini, sehingga setiap wilayah Jakarta itu mempunyai ciri khas (dari warna Tabebuya yang ditanam)," ujarnya.

Diketahui, Tabebuya juga pernah ditanam di Surabaya, Jawa Timur. Keberadaan Tabebuya di Surabaya, juga sempat viral di media sosial, karena bunga-bunga itu bermekaran indah seperti Sakura. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya