Anies: 300 Ribu Warga Jakarta Kumpul dalam Rapat Raksasa Ikada

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, di Monas, Jakarta.
Sumber :
  • Humas Pemprov DKI

VIVA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan menyampaikan, sebanyak 300 ribu atau 75 persen dari warga Jakarta yang berjumlah 400 ribu jiwa pada 1945, berkumpul di lapangan Monas, saat peristiwa rapat raksasa Ikada.

Hasto Sebut Anies Belum Ada Komunikasi dengan PDIP Terkait Pilgub DKI

Menurut Anies, warga Jakarta saat itu ingin menunjukkan bahwa dukungan atas kemerdekaan Indonesia, adalah aspirasi segenap rakyat.

Anies mengungkapkan, Jakarta adalah satu-satunya provinsi di Indonesia yang rutin memperingati rapat raksasa Ikada. Peristiwa itu penting, karena banyak golongan yang menuding kemerdekaan Indonesia sekadar aspirasi sekelompok elite saja 74 tahun lalu.

PKB Beri Sinyal Siap Usung Anies Baswedan di Pilgub Jakarta 2024

"Peringatan rapat raksasa ini, yang terjadi di lapangan di tempat kita berdiri hari ini, diperingati oleh provinsi DKI Jakarta, satu-satunya provinsi yang memperingati peristiwa ini," ujar Anies, dalam upacara peringatan rapat raksasa Ikada di Monas, Jakarta, Kamis 19 September 2019.

Menurut Anies, Jakarta bersyukur menjadi provinsi yang turut memainkan peranan penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Saat telekomunikasi belum semudah saat ini, 75 persen warga Jakarta serempak menunjukkan dukungan atas kemerdekaan, dengan melakukan rapat raksasa di lapangan Ikatan Atletik Djakarta (Ikada) atau Monas di masa kini.

Maruarar Sirait Harap Anies dan Ganjar Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran Oktober Mendatang

"Kita bersyukur kepada Allah SWT di hari yang cerah dan sejuk ini kita melakukan upacara mengenang peristiwa bersejarah yang biasa disebut dengan nama Rapat Raksasa Ikada," ujar Anies. (asp)

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan

Rival Pilpres, PAN Tak Akan Usung Anies di Pilgub Jakarta 2024

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan atau Zulhas mengatakan partainya menyiapkan tiga kadernya maju di Pilkada Jakarta 2024.

img_title
VIVA.co.id
23 Mei 2024