Pemda DKI Jakarta Bakal Tutup 34 Ruas Jalan saat BTN JAKIM 2024, Ini Daftarnya

Pemprov DKI menggandeng PT Bank Tabungan Negara (BTN) selenggarakan event Jakarta International Marathon (JAKIM) 2024 (sumber foto: istimewa)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta – BTN Jakarta International Marathon (BTN JAKIM) 2024 akan berlangsung pada 23 Juni 2024 mendatang. Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan melakukan rekayasa lalu lintas dan penutupan 34 ruas jalan yang bersinggungan dengan rute acara.

Pekan Ini Ada Bebas Ganjil Genap di Jakarta, Catat Tanggalnya

"Diimbau kepada para pengguna jalan agar menghindari ruas jalan tersebut dan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan,"  kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo dalam siaran persnya, di Jakarta, dikutip Minggu, 12 Mei 2024.

Dia menjabarkan, ke-34 ruas jalan yang akan ditutup selama penyelenggaraan JAKIM 2024 adalah, ruas Jalan Medan Merdeka Barat sisi Timur, Jalan Medan Merdeka Selatan sisi Utara, Jalan Medan Merdeka Timur sisi Barat, Jalan Perwira, Jalan Lapangan Banteng Barat, Jalan Lapangan Banteng Selatan, Jalan Wahidin Raya, Jalan Gunung Sahari (dari simpang Jalan Gunung Sahari-Wahidin sampai dengan simpang Jalan Gunung Sahari-Jalan Budi Utomo.

Heru Budi Ajak Warga Ramaikan BTN Jakim 2024 Agar Jakarta Makin Dikenal Dunia

Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Kemudian, ruas Jalan Budi Utomo sisi Selatan, Jalan Lapangan Banteng Utara, Jalan Katedral, Jalan Juanda sisi Selatan, Jalan Veteran sampai dengan simpang Jalan Veteran-Veteran III, Jalan Medan Merdeka Utara (dari simpang Jalan Merdeka Utara-Veteran III sampai dengan simpang Jalan Medan Merdeka Utara-Jalan Medan Merdeka sisi Timur).

Pengakuan Ojol Curi Velg-Ban di ITC Cempaka Mas, 62 Kolonel TNI Pecah Bintang

Selanjutnya, jalan MH Thamrin sisi Timur, Jalan Jenderal Sudirman sisi Timur, Jalan Imam Bonjol-Taman Sunda Kelapa (Taman Suropati), Jalan Hos Cokroaminoto dari simpang Jalan Hos Cokroaminoto-Imam Bonjol sampai dengan Jalan HR Rasuna Said, Underpass Mampang Kuningan, Jalan Mampang Prapatan Raya, Jalan Patimurra, Underpass Pattimura, Jalan Hassanudin, Jalan Iskandarsyah, Jalan Prapanca Raya, Jalan Sisingamangaraja, Jalan Gatot Subroto dan Jalan Gerbang Pemuda.

Selain penutupan jalan selama penyelenggaraan BTN JAKIM 2024 pada Minggu 23 Juni 2024 pukul 04.00-12.00 WIB, Dishub DKI Jakarta juga akan melakukan rekayasa lalu lintas pada tanggal 22 Juni 2024 mulai pukul 21.00 WIB.

Sementara untuk mempermudah para peserta mengakses lokasi start di Monas Silang Barat Laut, Dishub DKI Jakarta menyiapkan 17 titik lokasi parkir yang ditempatkan di sekitar Monas dan Gelora Bung Karno (GBK).

Dari ke-17 titik lokasi parkir tersebut, 12 diantaranya ditempatkan di sekitar Monas yakni di areal parkir kantor Indosat, Kemenparekraf, RRI, Wali Kota Jakarta Pusat, Kopi Nako, Aroem, Bank BTN, Jalan Juanda Sisi Utara, Jalan Agus Salim (Sabang), Stasiun Gambir, Masjid Istilal dan Dinas Teknis Abdul Muis.

Sementara 5 kantong parkir lainnya berada di sekitar GBK yakni, areal Parkir Timur Senayan, Parkir Tenggara, Stadion Aquatic, Lapangan ABC dan Masjid Al-Bina.

"Untuk para peserta bisa mengakses lokasi start di Monas Silang Barat Laut dengan menggunakan shuttle bus yang sudah dipersiapkan di dekat kantong-kantong parkir tersebut," ujar Syafrin.

Seperti diketahui, Pemprov DKI Jakarta berkolaborasi dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) akan menggelar JAKIM 2024.  Perhelatan BTN JAKIM 2024 ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT DKI Jakarta ke-497, sekaligus meningkatkan peran Kota Jakarta sebagai kota sport tourism. 

Corporate Secretary PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN, Ramon Armando mentargetkan jumlah peserta dalam BTN JAKIM 2024 bisa mencapai sekitar 15.000 pelari baik dari dalam maupun luar negeri.

BTN JAKIM 2024 menurut rencana akan dipusatkan di sekitar area silang Barat Laut Monas dan finish di  Stadion Utama GBK pada tanggal 23 Juni 2024. Adapun kategori yang dilombakan adalah Marathon (42,195K), Half Marathon (21,0975K) dan 10K. Sedangkan hadiah total yang disiapkan dalam ajang ini sekitar Rp3 miliar termasuk grand prize sebuah rumah untuk peserta yang berhasil memecahkan rekor marathon khusus bagi Warga Negara Indonesia (WNI).

Corporate Secretary Ramon Armando.

Photo :
  • Dokumentasi BTN.

Pendaftaran bagi masyarakat yang berminat mengikuti ajang ini telah dibuka sejak 10 Maret 2024. Sementara bagi pendaftar yang merupakan nasabah BTN akan mendapat diskon menarik.

Sementara itu Race Director BTN JAKIM 2024 Satrio Guardian menjelaskan, BTN Jakim 2024 akan menawarkan pengalaman lari yang menantang sekaligus memukau dengan rute yang melintasi pemandangan indah di Jakarta.

"Pada BTN Jakarta International Marathon 2024 akan hadir dengan rute baru yang akan dimulai dari monas hingga finish di stadion utama Gelora Bung Karno tentunya akan menjadikan sebuah pengalaman baru bagi para pelari marathon untuk finish di dalam stadion. Dan dengan ada nya marathon day yang di usung oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harapannya rute steril dari kendaraan sepeda maupun pejalan kaki," tukasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya