Satpol PP Tersangka Pembobol ATM Bank DKI Mengaku Mulanya Tak Sengaja

Direktur Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Iwan Kurniawan
Sumber :
  • VIVAnews/Foe Peace

VIVA – Polisi menetapkan sebanyak 13 orang sebagai tersangka pembobolan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Tiga orang di antaranya sudah diperiksa oleh penyidik Polda Metro Jaya.

Penyandang Disabilitas Dapat Bantuan Alat Bantu untuk Tingkatkan Mobilitas

Berdasarkan pengakuannya, para tersangka mengaku bahwa awalnya mereka tidak sengaja lantaran saat menarik tunai uang, saldo di rekeninya tidak berkurang. Dari situ, para tersangka mencoba lagi. Bahkan, ada satu tersangka mencoba untuk membuat ATM dan buku rekening dari orang lain.

"Kemudian [kartu] ATM-nya diambil dan dia mengambil dari ATM-ATM itu," kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Iwan Kurniawan di Jakarta, Sabtu, 30 November 2019.

Polda Sumut Bongkar Sindikat Pembobolan ATM Antar Provinsi, Bikin Rugi Rp 3 Miliar

Polisi akan memeriksa saksi ahli guna mengetahui apakah ada kesalahan sistem dalam Bank sehingga saldo rekening tersangka tak berkurang. Keterangan para ahli itu menjadi penting untuk kelanjutan pengusutan pembobolan ATM.

Iwan mengaku belum memerlukan kerja sama dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk penyelidikan kasus itu. Namun, jika nantinya dibutuhkan, penyidik akan berkoordinasi dengan PPATK.

Waduh! Data 7,9 Juta Pengemudi Australia Dibobol
Ilustrasi transaksi di ATM

Polisi Tangkap ART yang Bobol ATM Majikan hingga Puluhan Juta

Pelaku yang merupakan Asisten Rumah Tangga (ART) baru bekerja 3 bulan di majikannya. Sebanyak Rp 20 juta uang milik majikan raib.

img_title
VIVA.co.id
29 Februari 2024