Atasi Banjir Jakarta, Anies Akui Berharap dari Proyek Bendungan Jokowi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat memantau banjir di Ibu Kota.
Sumber :
  • Dok Anies Baswedan

VIVA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan mengaku bahwa ia memiliki harapan supaya dua proyek bendungan yang dikerjakan Presiden Joko Widodo di kawasan hulu Jakarta, bisa segera tuntas.

Presiden Jokowi Percepat Relokasi Korban Banjir Lahar Dingin di Sumatera Barat

Menurut Anies, yang juga mantan Mendikbud ini, kedua bendungan, yaitu Ciawi, juga Sukamahi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, bisa menahan laju setidaknya 30 persen limpahan air ke area ibu kota.

"Kita sangat berharap, dua waduk yang dikerjakan itu selesai tepat waktu," ujar Anies, usai meninjau banjir di Kampung Pulo, Jakarta, Kamis 2 Januari 2019.

Moment Presiden Jokowi jadi Tukang Foto Dadakan Delegasi WWF di Tahura Bali

Anies menyampaikan, penyelesaian dua bendungan, termasuk cara komprehensif menuntaskan banjir. Di Jakarta sendiri, cara lain, yaitu normalisasi sungai-sungai yang mengalirkan limpahan air, dilakukan.

"Ada 13 sungai di sini (Jakarta), sungai alami. Nah, dengan adanya pengendalian seperti pembangunan waduk itu, (penanganan banjir) menjadi lebih baik lagi," ujar Anies.

BNPB Rekomendasikan Tutup Tempat Wisata di Sempadan Sungai yang Berhulu Gunung Marap

Anies juga mengemukakan, pembangunan dua bendungan penting, karena limpahan air ke Jakarta sendiri berasal dari hulu. Jika bendungan tuntas, air tidak akan serta merta melimpah ke Jakarta, saat terjadi hujan deras di hulu.

"Kalau kita lihat di Jakarta, yang paling sering terjadi adalah kita mengalami, menerima air dengan volume besar dari kawasan pegunungan," ujar Anies. (asp)

Ridwan Kamil Paparkan IKN Nusantara di NUS

Jadi Pembicara di NUS, Ridwan Kamil Paparkan Gagasan Pemindahan Ibu Kota Negara

Ridwan Kamil, mantan Gubernur Jawa Barat, menyampaikan pemaparan tentang Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara yang menjadi ibu kota negara baru bagi Indonesia di Kalimantan

img_title
VIVA.co.id
21 Mei 2024