Anies Mau Ubah Stasiun Tanah Abang, Senen, Sudirman dan Juanda

KRL Commuter Line Jabodetabek
Sumber :
  • VIVAnews/Zahrul Darmawan

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menjanjikan empat stasiun Kereta Commuter Indonesia (KCI), akan tampil beda mulai Maret 2020.

Urai Kemacetan Perlintasan KA di Poris, Pemkot Tangerang Bangun Dua U-Turn

Menurut Anies yang juga mantan Mendikbud ini, keempat stasiun, yaitu Senen, Juanda, Tanah Abang, juga Sudirman, merupakan empat stasiun awal dari rencana menata 72 stasiun KCI di Jabodetabek dalam program integrasi transportasi.

"Diharapkan bulan Maret (2020) nanti masyarakat sudah akan menyaksikan semula ada 3 (stasiun yang akan ditata), lalu ditambahkan menjadi empat. Jadi empat stasiun yang nanti akan tampak beda," ujar Anies dalam peresmian PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek di Kementerian BUMN, Jakarta.

Polusi Naik Lagi, Komisi B DPRD DKI Beberkan Dampak Armada Bus Pakai BBM

Anies menyampaikan, penataan, mencakup tidak semrawutnya lagi lalu lintas di sekitar stasiun. Setiap moda transportasi lanjutan, mulai dari taksi, angkot, ojek online (ojol), hingga TransJakarta, bisa mudah diakses masyarakat yang ingin melanjutkan perjalanan.

"Keempat stasiun itu adalah model untuk stasiun yang terintegrasi," ujar Anies.

Soroti Dampak Polusi Bagi Kesehatan, Legislator Komitmen Optimalkan Kendaraan Listrik

Anies juga mengemukakan, PT Moda Integrasi, perusahaan patungan antara MRT Jakarta juga Kereta Api Indonesia (KAI), selanjutnya akan fokus menata 68 stasiun lain, sambil semakin mengintegrasikan transportasi di Jabodetabek. Integrasi memiliki tujuan mengubah kebiasaan mobilitas masyarakat menjadi menggunakan transportasi umum, juga mengurangi kemacetan.

"Nanti ketika kita bicara lagi integrasi, publik akan melihat kenyataannya," ujar Anies.

Ketua Bidang Hukum dan HAM Pengurus Pusat Muhammadiyah, Busyro Muqoddas

PP Muhammadiyah Surati Jokowi Jelang Pembentukan Pansel KPK

PP Muhammadiyah menyurati Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) jelang pembentukan panitia seleksi (pansel) Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk 5 tahun mendatang

img_title
VIVA.co.id
15 Mei 2024