DKI Siap Operasikan 450 Pompa Cegah Jakarta Banjir Lagi

Kondisi banjir di Latumenten, Jakarta Barat
Sumber :
  • Twitter @TMCPoldaMetro

VIVAnews - Pemprov DKI siap mengoperasikan minimal 450 pompa yang tersebar di seluruh wilayah ibu kota untuk mencegah banjir kembali menggenang.

Cuaca Panas Ekstrem Saat Ibadah Haji, 225 Jemaah Mendapat Perawatan

Menurut Kepala Sumber Daya Air (SDA) DKI, Juaini Yusuf, ke-450 pompa telah dilaporkan dalam keadaan siap beroperasi mengantisipasi cuaca ekstrem yang diproyeksi berlangsung hingga Februari atau Maret.

"Laporan terakhir, pompa yang siap beroperasi 450-an," ujar Juaini di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin, 13 Januari 2019.

Empat Provinsi Siaga Potensi Banjir hingga 20 Juni 2024, Menurut BMKG

Juaini menyampaikan, sebaran pompa, hampir merata di seluruh wilayah. Setiap wilayah dipastikan terlayani jika pun ada unit pompa yang terpaksa harus mengalami perawatan saat cuaca ekstrem melanda.

"Dari satu rumah pompa, misal ada empat unit pompa. Tiga beroperasi, satu kita perbaiki. Itu tidak akan mengganggu (upaya menyedot genangan)," ujar Juaini.

Pesawat Militer yang Bawa Wakil Presiden Malawi Hilang, Penyebabnya Diduga Cuaca Buruk

Juaini juga mengemukakan, DKI melakukan antisipasi, misalnya untuk mencegah pompa terendam, dengan cara meninggikan pompa itu. Juaini berjanji sarana-prasarana DKI difungsikan optimal mencegah banjir melanda lagi.

"Kalau kemarin ada pompa yang terendam, nanti kita naikkan. Kemarin ada yang terendam, lalu listriknya dimatikan. Ke depan, kita amankan ekstra, jadi operasionalnya tidak terganggu," ujar Juaini.

[dok. BKIP Kementerian Perhubungan]

Cegah Biaya Logistik Naik, Menhub Dorong Pelindo Percepat Penanganan Rob di Pelabuhan Tanjung Emas

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menginstruksikan kepada para jajaran Pelindo untuk mempercepat penanganan rob di Pelabuhan.

img_title
VIVA.co.id
17 Juni 2024