DKI Pasang Bilik Disinfektan Corona, Tahap Awal di 4 Titik

VIVA – Pemprov DKI memasang bilik disinfektan untuk virus Corona atau Covid-19 yang dinamai 'Ruang Basmi Kuman' di empat titik di Jakarta.

Golkar Tetap Optimis Meski Elektabilitas Ahmed Zaki Masih Rendah di Bursa Cagub DKI

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Sabdo Kurnianto, keempat bilik itu adalah sumbangan dari Badan Amil Zakat Nasional - Badan Amil Zakat, Infak dan Sedekah (Baznas Bazis) DKI.

"Ini (diterimanya sumbangan bilik) merupakan bentuk kolaborasi Pemprov DKI Jakarta dengan masyarakat dan organisasi-organisasi," ujar Sabdo di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat, 27 Maret 2020.

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

Keempat bilik, masing-masing akan dipasang di Balai Kota DKI, Halte Harmoni, Rumah Sakit Duren Sawit, juga Dinas Kesehatan DKI. Sementara, Ketua Baznas Bazis DKI Luthfi Fatullah, menyampaikan bahwa Baznas Bazis, saat ini sedang mempersiapkan sumbangan hingga 96 bilik lagi ke Pemprov.

"Nawaitu (niat)-nya memberi 100 bilik," ujar Luthfi.

PKB Bakal Usung Ida Fauziyah-Hasbialla Ilyas di Pilkada DKI

Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Bazis DKI, Saat Suharto, mengungkapkan bilik itu dirancang untuk mengembuskan bahan kimia aman, yaitu benzalkonium chloride. Metode disinfeksi berupa pengembusan, bukan penyemprotan, diyakini juga lebih efektif menjangkau seluruh bagian tubuh seseorang sehingga bisa bebas dari kuman, juga Corona.

"Alat yang kita pilih menggunakan metode berbeda dengan yang lain yang memakai sprayer (penyemprot). Kita menggunakan sistem humidifiers (penghembusan)," ujar Saat.

Blanko kosong e-KTP sebelum diisi dengan data warga.

Pemprov DKI Siapkan 5 Juta Blanko e-KTP untuk Pemilih Pemula di Pilkada 2024

Ketersediaan blanko e-KTP beberapa bulan sebelum pencoblosan Pilkada 2024 bisa meminimalisasi penggunaan suket pemilih.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024