Jaringan Internet Satpas Jaktim Terganggu, Pemohon SIM Kecewa

Warga mengurus perpanjangan SIM di Satpas Jaktim, Rabu, 3 Juni 2020.
Sumber :
  • VIVAnews/ Kenny Putra (Jakarta)

VIVA – Ratusan warga yang ingin memperpanjang  Surat Izin Mengemudi (SIM) di kantor Satpas Jakarta Timur, terpaksa menunggu lebih lama, Rabu, 3 Juni 2020. Itu lantaran pelayanan perpanjangan SIM mengalami kendala teknis.

Pengguna Internet di Indonesia Tinggi, tapi Bukan Tanpa Masalah

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan, kendala yang dialami unit Satpas di Jakarta Timur berupa jaringan dan pencetakan SIM.

"Kebetulan memang hari ini, pas pemohon SIM meningkat tadi jam 10 ada gangguan jaringan internet dan teknis pencetakan SIMnya. Masyarakat yang sudah terdaftar itu tetap menunggu perbaikan untuk melaksanakan foto SIM. Kalau pun tidak bisa hari ini, mereka kan sudah memegang nomor antrean nanti bisa datang lagi untuk melaksanakan foto," ujarnya, di Jakarta Timur. 

Pembatasan Usia Kendaraan di Jakarta: Antara Langit Biru dan Perekonomian

Dia menambahkan, "Kalau pun masih tetap tidak terlayani, begitu pelayanan di Daan Mogot selesai mobil SIM keliling akan dikerahkan ke sini."

Sejumlah warga yang sudah menunggu sejak pagi mengaku kecewa dengan adanya kendala teknis itu. "Saya sudah antre sejak jam 3 pagi tadi. Biar dapat nomor antrean. Tapi sekarang harus menunggu lebih lama lagi katanya karena ada kendala di bagian foto," ujar Agus, salah satu pemohon perpanjangan SIM.

Peluang Edukasi Gratis, Kemenkominfo Buka Workshop Literasi Digital untuk Masyarakat

Agus bahkan rela tidak bekerja untuk memperpanjang SIM yang habis pada 23 April lalu. Ia rela mengantre dari dini hari lantaran takut akan ditindak oleh petugas ketika ada razia.

"Saya kan ojek online, jadi SIM itu harga mati buat saya. Kalau SIM saya tidak berlaku, saya takut ditindak polisi," ujar Agus.

Sambodo menjamin tidak ada penilangan terhadap masyarakat yang masa berlaku SIMnya habis pada periode 17 Maret hingga 29 Juni 2020.

"Yakin lah masyarakat tak perlu khawatir ditilang jika SIMnya habis. Saya jamin tidak ada anggota saya yang menilang bagi masyarakat yang SIMnya habis hingga periode 29 Juni," ujar Sambodo.

Akibat membeludaknya warga untuk mengurus SIM itu, sempat terjadi kemacetan panjang di Jalan D.I Pandjaitan, Jakarta Timur, Rabu, 3 Juni 2020.

Kemacetan terjadi sepanjang lima ratus meter dari gerbang tol Pedati, Jakarta Timur hingga tepat di depan kantor Satlantas Jakarta Timur.

Selain akibat antrean panjang, kendaraan warga yang parkir di bahu jalan juga menimbulkan kemacetan di depan kantor Satlantas Jakarta Timur. Terlihat beberapa polisi lalu lintas dikerahkan untuk mengurai kemacetan panjang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya