Jadi Syarat Melahirkan, Puluhan Ibu Hamil Jalani Swab Test

Ibu Hamil Jalani Swab Test di Kramat Jati, Jakarta Timur.
Sumber :
  • VIVAnews/Kenny Putra

VIVA – Puluhan ibu hamil di Kelurahan Tengah, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur menjalani swab test pada Jumat, 12 Juni 2020. Ibu hamil diwajibkan menjalani swab test sebagai salah satu syarat untuk proses kelahiran. Swab test dilakukan di kawasan RPTRA Dahlia, Kelurahan Tengah oleh Puskesmas Kramat Jati.

Menkes Ungkap Alasan Tingkat Stunting Indonesia Baru Turun 0,1 Persen

Hal ini dilakukan lantaran sebelumnya petugas medis menemukan seorang ibu hamil positif covid 19 saat melahirkan. Beruntung buah hati yang baru lahir negatif covid-19. Sebelum menjalani swab test, puluhan ibu hamil terlebih dahulu diminta mengisi data diri dan usia kandungan.

Tenaga medis menargetkan tujuh puluh ibu hamil di kelurahan tengah yang masih menjadi zona merah covid-19. Nantinya, hasil swab akan diberitahukan via telepon kepada masing-masing ibu hamil.

1000 Hari Kehidupan Penting untuk Cegah Stunting, Dimulai dari dan Sampai Kapan?

"Untuk nanti persyaratan kita lahiran, pemeriksaan swab sudah dilakukan, ini baru sekali untuk persyaratan kelahiran. saya sudah hamil delapan bulan, persyaratan lahir harus ada surat sehat bebas dari covid-19," kata Yani, salah satu ibu hamil di Kelurahan tengah, Jumat 12 Juni 2020.

Sementara itu, Lurah Tengah mengatakan masih ada tiga RW di kelurahan Tengah yang masih berstatus zona merah. Selain itu, sebelumnya di kelurahan Tengah juga sudah dilaksanakan swab test sebanyak 100 sampel untuk warga di tiga RW yang masih zona merah.

Ibu Hamil dengan Lupus Bisa Menular ke Anaknya?

"Hari ini kita target 70 untuk ibu hanil, Kan memang perkembangannya cukup melejit karena wilayah kita memang masih zona merah, khususnya wilayah RW 4, 2, 1. Tadi juga saya bersama Pak Wali Kota di Pasar Induk, kita di sana melakukan PSBB sekaligus penerapan penggunaan masker langsung kita ambil tindakan," jelas Tarmiji, Lurah Tengah.

Tarmiji menambahkan, sebanyak 62 orang warganya positif covid-19. Dari jumlah yang positif, sebanyak tujuh orang sudah dinyatakan sembuh dan sedang melaksanakan isolasi mandiri selama empat belas hari.

Tarmiji juga menjelaskan, pihak kelurahan bersama Puskesmas Kramat Jati akan melihat hasil swab test yang dilaksanakan pada hari ini. Nantinya jika diperlukan, Puskesmas Kramat Jati akan melaksanakan swab test selanjutnya.

"Nanti seminggu lagi kemudian nanti kita akan lihat hasilnya dulu, kemudian kita akan lakukan swab test ke-2," tutur Tarmiji.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya