116 Bayi Lahir dari Ibu PDP dan Positif COVID-19 di RS Persahabatan

Ilustrasi bayi.
Sumber :
  • Pexels

VIVA - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan Jakarta mencatat sebanyak 116 bayi lahir dari ibu yang merupakan Pasien Dalam Perawatan (PDP) COVID-19 maupun yang sudah terkonfirmasi positif virus corona. Dari jumlah tersebut, sebanyak 5 bayi terkonfirmasi positif COVID-19.

5 Rekomendasi Makanan untuk Ibu Menyusui Agar ASI Lancar

"Per 10 Juni 2020 ada 116 bayi yang lahir dari ibu PDP maupun dari ibu yang terkonfirmasi positif COVID-19. Dari 166 bayi ada yang 5 positif, tapi kami harus cek lagi karena bayi ini tidak ditularkan dari ibunya," kata Direktur Umum RSUP Persahabatan, dr Rita Rogayah, dalam konferensi pers via aplikasi Zoom, JumatĀ 10 Juli 2020.

Baca juga: Kasus COVID-19 Terus Naik, Satu Kelurahan di Kota Malang Dilockdown

Ada Banyak Cerita! Dude Harlino dan Alyssa Soebandono Ungkap Proses Kelahiran Anak Perempuan Pertama

Rita menambahkan dari jumlah bayi tersebut sebanyak 5 bayi dinyatakan meninggal dunia. Namun, bayi yang meninggal tersebut bukan dikarenakan positif COVID-19 melainkan karena kondisi yang tidak baik sejak dilahirkan seperti berat badan rendah.

"Ibunya itu ada yang COVID dan ada yang PDP, kalau ada bayi yang lahir dari ibu COVID dan PDP kita akan evaluasi. Jadi yang selama ini meninggal bukan karena COVID-19," kata Rita.

Ria Ricis Bahas Soal Tidur Bertiga Anak, Netizen: Nifas Masa Iya Mau Pacaran Mulu

Rita juga menjelaskan kondisi bayi yang dilahirkan juga dipengaruhi oleh kondisi sang ibu. Kondisi sang ibu sangat mempengaruhi kesehatan bayi saat proses melahirkan di RSUP Persahabatan.

Sementara itu, jumlah kumulatif kasus positif COVID-19 di wilayah DKI Jakarta sampai hari ini sebanyak 13.598 kasus. Dari jumlah tersebut, 8.825 orang dinyatakan telah sembuh, sedangkan 684 orang meninggal dunia.

Sosok Mayat bayi ditemukan terbungkus kardus dan mengambang  di Kanal Banjir Barat (KBB), Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat 26 April 2024.

Mayat Bayi Ditemukan Terbungkus Kardus di Tanah Abang, Diduga Dibuang Sang Ayah.

Mayat bayi ditemukan terbungkus kardus dan mengambang di Kanal Banjir Barat (KBB), Tanah Abang Jakarta Pusat, Jumat 26 April 2024. Pelaku ayah biologisnya sudah ditangkap

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024