Ribuan Sembako untuk Pekerja Terbengkalai, Dinas Tenaga Kerja Bingung

Sejumlah paket sembako untuk para pekerja korban PHK terbengkalai di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Jawa Barat.
Sumber :
  • VIVA/Dani

VIVA – Ribuan paket sembako terbengkalai karena tak tersalurkan kepada yang berhak menerima. Paket-paket sembako yang sebenarnya telah siap didistribusikan itu sekarang disimpan di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Direktur Keuangan BPJS Ketenagakerjaan Serahkan Santunan Kematian Sebesar Rp391 juta

Menurut Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi, paket-paket sembako itu sebenarnya bantuan dari Kementerian Tenaga Kerja untuk para buruh/pekerja yang menjadi korban pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat pandemi COVID-19. Masalahnya, Dinas tak memiliki data terperinci para pekerja korban PHK.

“[bantuan paket sembako) sudah diberikan pemerintah, tapi kita bingung memberikannya ke mana, satu per satu, kita enggak punya nomor telepon," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi, Ika Indah Yarti, kepada wartawan, Selasa, 4 Agustus 2020.

Kasus Pemalsuan Merek Dagang Masih Marak Hingga Berimbas kepada Buruh

Baca: Jokowi Marahi Menteri lalu Sudah ke Mana Saja Mengalir Dana Corona

Ika mengklaim telah telah berkirim surat kepada serikat pekerja di Kota Bekasi agar memberikan data para pekerja di-PHK. Sebab, untuk mengeluarkan paket sembako itu dari Stadion Patriot butuh surat dari serikat pekerja atau pekerja di luar serikat pekerja, dengan syarat Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

Penyaluran Dana Bansos Sembako dan PKH di Kantorpos Tangsel oleh Pos Indonesia Capai 93%

Dinas harus lebih dulu mendata siapa penerima paket Sembako. Sesuai standarnya, data itu akan diserahkan kepada Kementerian di Jakarta untuk memastikan penyalurannya tepat sasaran.

Sayangnya, hingga sekarang Dinas tidak memiliki data lengkap tentang pekerja yang menjadi korban PHK sehingga distribusinya terhambat. “Lebih baik [paket-paket sembako] diam di situ daripada dibagikan kepada orang lain—kecuali ada perintah—itu nanti saya diperiksanya sama KPK," ujar Ika. (ren)

Penyaluran Bansos PT Pos Indonesia di Mataram

Pos Indonesia Kembali Salurkan Dana Bansos PKH dan Sembako di Mataram

PT Pos Indonesia (persero) bergerak cepat melaksanakan penyaluran bantuan sosial (bansos) dari Kementerian Sosial berupa Program Keluarga Harapan (PKH) dan sembako.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024