Demo Buruh di Depan DPR, Simak Pengalihan 6 Arus Lalu Lintas

Ilustrasi pengalihan arus lalu lintas
Ilustrasi pengalihan arus lalu lintas
Sumber :
  • @tmcPoldaMetro

VIVA – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya pada hari ini, Senin 9 November 2020, kembali menyiapkan rencana pengalihan arus lalu lintas di kawasan Jakarta Pusat. Hal itu dilakukan kembali tidak lain karena ada rencana demo buruh lagi hari ini.

Demo buruh hari ini diketahui akan digelar Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia di depan Gedung DPR/MPR RI terkait penolakan Undang-Undang Cipta Kerja Omnibus Law dan menuntut naiknya UMR Tahun 2021. Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo, membenarkan bahwa rekayasa arus lalin mereka siapkan hari ini di kawasan Jakpus.

"Kami telah menyiapkan pengalihannya di sekitar DPR/MPR RI," kata Sambodo kepada wartawan, Senin 9 November 2020.

Meski begitu, Sambodo menjelaskan kalau rencana rekayasa lalin ini sifatnya situasional. Artinya, hal tersebut baru dilakukan apabila mendesak, semisal memang kondisi di lapangan mengharuskan untuk diterapkan. Rekayasa lalin ini sendiri dilakukan agar masyarakat dan pengendara lain, yang tidak ikut demo, tetap bisa leluasa menjalankan aktivitas mereka masing-masing tanpa terganggu adanya unjuk rasa.

Jangan sampai demo mengganggu aktivitas warga lain yang tak terlibat. Masyarakat dan pengendara lain yang tidak ikut demo juga diminta memaklumi adanya rencana rekayasa lalin ini.

Kalau memang diterapkan, mereka nantinya bisa menggunakan jalan lain yang telah disiapkan polisi agar terhindar dari demo. Selain itu, para pengendara diminta untuk tetap mentaati rambu lalu lintas. 

"Pengalihan arus lalu lintas bersifat situasional, sejauh masih bisa dilalui," kata dia.