Pohon Tumbang Sempat Tutup Jalan Margonda Akibat Hujan Deras

Pohon tumbang di Jalan Margonda, Depok
Sumber :
  • VIVA.co.id/Galih Purnama (Depok)

Depok – Hujan deras disertai angin kencang dan petir melanda Depok pada Rabu sore, 17 April 2024. Akibatnya, banjir terjadi di sejumlah titik antara lain Jalan Margonda dan Perumahan Tirta Mandala. Air meluap karena drainase tidak dapat menampung air hujan yang intensitasnya tinggi selama lebih dari satu jam.

Longsor Horor Terjang Toraja Utara, 3 dari 9 Orang yang Tertimbun Tewas

Willi, salah satu warga Perumahan Tirta Mandala mengatakan ketinggian air mencapai 7 sentimeter. Banjir di perumahan tersebut sudah sering terjadi saat hujan deras. Air dari Kali Jantung meluap ke jalanan dan masuk dalam rumah warga, karena saluran air di Kali Jantung tidak dapat menampung.

“Sering banjir kalau hujan deras. Banjir karena saluran kecil dan hujan lebat. Sering meluap kalau hujan 4 jam. Ketinggian air 7 cm,” katanya pada Rabu, 17 April 2024.

Kasus Temuan Mayat Bayi Tanah Abang, Polisi Tangkap Orang Tua

Pohon tumbang di Jalan Margonda, Depok

Photo :
  • VIVA.co.id/Galih Purnama (Depok)

Setidaknya, ada 50 rumah warga yang tergenang. Untungnya, air surut dalam waktu satu jam. “Ada puluhan rumah di RT 04 dan 05 sama di tengah. Surutnya cepat, 1 jam baru surut air,” ujarnya.

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Sementara, sejumlah pohon juga tumbang. Di Jalan Raya Margonda ada dua pohon tumbang, yaitu di dekat Kampus BSI Margonda dan Pondok Cina. Pohon tumbang di dekat Kampus BSI, bahkan melumpuhkan arus lalu lintas karena batang yang melintang ke jalan.

Agus salah satu warga mengatakan, pohon tumbang disebabkan hujan angin. Jalanan pun tidak dapat dilalui karena tertutup batang pohon. “Ya ada pohon tumbang, jadi macet karena jalanan ketutup pohon,” katanya.

Kondisi jalan raya menjadi tidak dapat dilintasi kendaraan. Hal itu diperparah karena jalanan juga banjir lantaran drainase tidak dapat menampung air.

“Selokannya mampet, jadi banjir. Macetnya jadi tambah parah,” ungkapnya.

Selain pohon tumbang dan banjir, hujan deras juga menyebabkan aliran listrik di kawasan Margonda padam. Pertokoan di sepanjang Margonda terlihat gelap. Salah satu SPBU di Jalan Margonda akhirnya tidak dapat melayani pembeli.

Kabid Penanggulangan Bencana pada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok, Danny Romulo Hutauruk mengatakan pihaknya menerima laporan pohon tumbang di sejumlah wilayah di Depok. Pohon tumbang disebabkan angin kencang terjadi saat hujan deras.

“Iya kami menerima laporan pohon tumbang tadi sore saat hujan deras disertai angin kencang,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya